Pengembangan Alsin untuk Pembibitan Padi (2004)

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

Peningkatan intensitas tanam padi untuk mendukung peningkatan produksi, Pengembangan alsin untuk pembibitan padi. Peningkatan intensitas tanam dan penambahan areal tanam menuntut penambahan tenaga dan daya lebih banyak dengan waktu yang terbatas. Dalam keadaan keterbatasan tenaga manual maka tenaga mekanis adalah sebagai alternatif. Salah satu tahap budidaya intensif adalah penanam, dalam hal ini penanam bibit padi. Dalam rangka mendukung permintaan mesin tanam bibit, diperlukan bibit padi dengan sistem persemaian khusus. Sistem persemaian ini mendukung peluang pengembangan industri pembibitan padi (Nursery Industry). Agar sistem ini dapat didukung oleh pengguna maka perlu adanya introduksi teknologi tersebut kepada petani. Pengenalan tersebut juga dimaksudkan untuk mengetahui sistem pengelolaannya yang sesuai dengan pengguna.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, introduksi alsin tersebut dilaksanakan dihadapan para petani, petugas dinas dan pengusaha benih di Jawa Tengah. Masalah yang disampaikan dari para petani, penyuluh adalah harga alat, biaya operasi, sistem kerja dan sistem pengelolaannya.

Dengan biaya operasi penyiapan bibit sebesar Rp. 1.700,-/kotak atau sebesar Rp. 255.000,-/150 kotak untuk 1 ha lahan dan sistem pembibitan manual sebesar Rp. 300.000,-/25 kg benih untuk 1 ha lahan maka harga bibit tidak berbeda.

Berdasarkan hasil analisa biaya usaha tani yang diperoleh dengan harga benih/harga bibit Rp. 1.700/box, upah tenaga kerja Rp. 5.000,-/jam, harga alat Rp. 7.500.000,- dan jam operasional alat 10 jam/hari serta umur ekonomis alat 5 tahun didapatkan biaya operasi sebesar Rp. 79.253.000/thn dengan B/C rasio sebesar 1.0 IRR sebesar 20,14% serta BEP yang diperoleh sebanyak 2.367 box/tahun.

Harapan dari para petani dan penakar sistem pengelolaan yang bisa dikembangkan yaitu dengan dikelola oleh kelompok atau pengusaha/kemitraan yang juga dilengkapi dengan alat tanam (transplanter) mengingat biaya tanam yang tinggi dan keterbatasan tenaga tanam.


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...