Bengkel Alsintan Mobile

Hal yang melatarbelakangi Balitbangtan melalui para perekayasanya di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) merancang bengkel alsintan mobile adalah banyak alsintan rusak yang sebenarnya bisa diperbaiki sendiri, tapi kurangnya pengetahuan dan alat menjadikan alsintan rusak terutama alsintan bantuan apemerintah dibiarkan begitu saja. Kondisi tersebut diperparah dengan kurangnya jumlah teknisi serta bengkel khusus alsintan yang ada di wilayah sentra pertanian. 

Teknologi bengkel alsintan mobile ini mempunyai konstruksi roda kecil dan body yang kecil, sehingga bengkel berjalan ini mudah masuk ke jalan usaha tani, sehingga mampu bekerja langsung (on the spot). Jadi petani tidak perlu lagi angkat-angkat alsintannya ke bengkel, jelas perekayasa, Ana Nurhasanah. 

Dalam bengkel ini sudah lengkap dengan suku cadang untuk semua jenis alsintan. Mulai dari traktor roda 2, traktor roda 4 dan peralatan lain seperti alat las, alat potong, v belt motor, hingga gigi. "Namun jika kerusakannya memerlukan suku cadang pabrikan yang besar, bengkel berjalan ini akan menghubungi pihak pabrikan dan dilakukan perbaikan dengan teknisi," jelasnya. 

Bengkel alsintan mobile ini telah dilengkapi GPS dan terintegrasi dengan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Smart Mobile yang sekarang menjadi Alsintanlink, yaitu sebuah aplikasi penyedia jasa alsintan yang telah diluncurkan sejak 2018 yang lalu. 

Sementara itu, Kepala BBP Mektan Agung Prabowo menjelaskan bahwa dengan bengkel alsintan mobile ini akan lebih hemat dibandingkan harus membuat bangunan bengkel stasioner. "Alsin-alsin yang trouble di lapangan seperti patah as, rusak mesin akan sulit untuk diangkut petani ke bengkel. Lebih baik bengkelnya yang datang langsung ke petani, lebih efisien. Bengkel alsintan mobile tersebut bisa juga menjadi salah satu bagian dari bengkel stationer untuk armada pelayanan mobile yang langsung menjemput bola ke lahan-lahan, tutupnya” (SU)


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...