BBP Mektan Siap Kembangkan Teknologi Mekanisasi 4.0

Sukamandi, 31/8/2019. Balai Besar Mekanisasi Pertanian (BB Mektan),  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), dalam rangka pengembangan alat dan mesin pertanian melakukan uji coba sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan) dengan teknologi terbaru di Lokasi persawahan milik Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi), Subang, Jawa Barat. 

Hadir pada kesempatan itu : Direktur Alsintan, Ka BB Padi, Ka BBP Mektan, perekayasa, teknisi, dan staff terkait dari BB Padi dan BBP Mektan, serta Tim Humas dari Biro HIP. 

Baca juga: Autonomous Tractor Inovasi Teknologi Mekanisasi Pertanian Modern Mendukung Revolusi Industri 4.0

Kepala BBP Mektan, Agung Prabowo, di lokasi uji lapang  menyatakan bahwa Mekanisasi 4.0 dalam waktu tidak lama lagi siap dikembangkan di tingkat petani. Melalui implementasi Mekanisasi 4.0 di sektor pertanian, diharapkan proses usaha tani menjadi semakin efisien guna menekan biaya produksi, meningkatkan produktivitas, dan daya saing

Sejumlah Alsintan berteknologi 4.0 yang diuji coba pengoperasiannya meliputi : 

Drone Penebar Benih

Drone penebar benih yang mampu menebar benih satu hektar lahan dalam waktu 1 jam dg kapasitas 50 - 60 kg per hektar. Menurut Agung, drone penebar benih ini mampu bekerja mandiri sesuai pola atau alur yang sudah dibuat pada perangkat android dan dipandu oleh geopositioning system (GPS). Drone ini mampu melakukan resume operation, sehingga operasi yang tertunda dapat dilanjutkan kembali sehingga tdk terjadi overlap dan dilakukan secara otomatis. 

Sementara itu ketahanan baterei mampu beroperasi selama 20 menit dengan kapasitas angkut maksimal 6 kg benih padi. 

Robot Tanam Padi

Robot tanam padi termasuk generasi 4.0 dari mekanisasi petanian yang disiapkan BB Mektan. Menurut Agung,  robot tanam ini dapat difungsikan untuk menanam bibit padi di lahan sawah dengan sistem berkomunikasi menggunakan Internet of Thing (IoT) memanfaatkan sarana GPS. Kelebihan lain, Rotap mampu bekerja mandiri tanpa bantuan operator. 

RotapRobot tanam memiliki spesifikasi yaitu lebar tanam 30cm, memiliki 6 baris tanam, kecepatan kerja 2,0 km/jam. Robot dengan lebar bidang kerja 1,8m, serta memiliki kapasitas kerja 0,36 ha/jam atau 3 jam/ha. 

Baca juga: Autonomous Tractor Inovasi Teknologi Mekanisasi Pertanian Modern Mendukung Revolusi Industri 4.0

Autonomous Tractor

Autonomous Tracktor atau traktor tanpa awak merupakan Alsintan generasi 4.0 yang sudah dikembangkan BB Mektan sejak tahun lalu.  Alat ini merupakan traktor roda 4 tanpa awak yang dikendalikan oleh sistem navigasi berbasis Internet of Thing (IoT). Dapat melakukan pengolahan lahan sesuai dengan peta perencanaan yang mampu bergerak sesuai yang keinginan pengguna dengan bantuan geopositioning system(GPS). 

Alsin Panen Padi dan Olah Tanah Terintegrasi

Alsintan berikutnya yang digunakan pada tahap panen dan menjelang tanam berikutnya, adalah alat mesin panen (Alsin Panen) padi yang terintegrasi dengan olah tanah. Alat ini mampu melakukan dua jenis pekerjaan (panen dan olah tanah) sekaligus dalam satu proses operasional. 

Baca juga: Kementan Dan Pemerintah Austria Menjalin Penjajakan Kerjasama Teknologi Mekanisasi Pertanian

Teknologi ini, merupakan pengembangan dari combine harvester yang sudah dikembangkan sebelumnya yang mampu mengetam tanaman padi, memisahkan bulir padi dari tangkainya, dan mengemasnya dalam karung.  Namun pada generasi terbaru ini, combine harvester ini dilengkapi pengolah tanah dengan menggunakan mesin rotari. 

Alsin Padi terintegrasi ini mampu mempercepat  dan mengurangi pekerjaan olah tanah, memutus siklus perkembangan organisme pengganggu tanaman (OPT) padi, dan mengkondisikan sanitasi lingkungan pasca panen yang baik. Hal itu bisa terjadi karena tidak ada lagi jeda dari masa panen ke tahap pengolahan lahan untuk masa tanam berikutnya. 

Implementasi Mekanisasi 4.0 di sektor pertanian,  menjadikan sektor pertanian menjadi sektor yang diminati kaum muda karena penghasilannya lebih menjanjikan, tutup Agung dalam penjelasannya. (SU)


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...