Uji Lapang Robot Tanam Padi

Prambanan, 05/07/2019. Kementerian Pertanian terus berupaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian. Untuk mempercepat target tersebut perlu modernisasi pertanian yang salah satu cara adalah melalui penerapan teknologi 4.0 di bidang pertanian. Kerangka teknologi 4.0 di bidang pertanian dikemas dalam bentuk Pertanian 4.0 yang sekaligus menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 di segala bidang.

Badan Litbang Pertanian telah sejak tahun 2018 telah memulai riset dan perekayasaan terkait teknologi alat dan mesin pertanian yang berbasis IoT (Internet of Thing), Cyber-physical System, dan Management Information System.

Baca juga: Jarwo Riding Transplanter

Salah satu karya Badan Litbang Pertanian untuk membangun Pertanian 4.0 adalah  Robot Tanam Padi yang saat ini bisa menjadi solusi petani Indonesia dalam melakukan pertanamannya. Robot Tanam Padi ini dapat difungsikan untuk menanam bibit padi di lahan kering atau basah yang mampu berkomunikasi melalui Internet of Thing  melalui sarana GPS dan mampu bekerja mandiri.

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian dalam upaya penyempurnaan kinerja prototipe yang telah dihasilkan maka selalu dilakukan uji lapang pada berbagai lokasi/lahan. Tidak terkecuali prototipe robot tanam padi. Hal ini dilakukan agar kinerja alsintan bisa selalu ditingkatkan setelah adanya perbaikan dan penyempurnaan pada berbagai komponen teknologi tersebut. Adapun lokasi uji lapang teknologi dilaksanakan di lahan sawah dan berlokasi di Desa Tegalserut, Kebon Dalem Lor, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Baca juga: BBP Mektan Launching Teknologi Terbaru Jajar Legowo Riding Transplanter

Hasil pengujian menunjukkan spesifikasi Robot Tanam Padi ini mempunyai : lebar tanam: 30 cm, 6 baris tanam, kecepatan kerja 2,0 km/jam dan lebar kerja 1,8 m memiliki kapasitas kerja 0,36 ha/jam atau 3 jam/ha.

Melalui implementasi teknologi 4.0 di sektor pertanian, diharapkan proses usaha tani menjadi semakin efisien guna menekan biaya produksi, meningkatkan produktivitas, dan daya saing, untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045. (TS)


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...