Siapkan Media Tanam Dengan "Mesin Penghancur Tanah"

Penanaman sayuran dari bibit berbentuk biji seperti cabe dan bawang merah yang baik dapat dilakukan melalui persemaian. Untuk menghasilkan bibit semai yang bagus memerlukan media tumbuh berupa tanah dan bahan organik yang mempunyai sifat fisik yang sesuai untuk media persemaiian dan kandungan hara sesuai kebutuhan tanaman. 

Tahapan pertama dalam penyiapan media tanam untuk penyiapan media tanam dan pembibitan adalah mengecilkan ukuran tanah dan menyaringnya. Hal ini dilakukan untuk membantu proses pertumbuhan bibit itu sendiri. Tanah yang berasal dari lapangan pada umumnya masih  berbentuk bongkahan. Sehingga harus digiling dan disaring agar mudah dicampur dengan bahan organik dan mudah di tuangkan kedalam pot, polybag atau tray semai. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian telah mengembangkan mesin penggiling sekaligus menyaring tanah untuk media persemaian untuk membantu para petani atau industri bibit semai. Unit mesin penggiling tanah ini terdiri dari dua bagian utama yaitu penggiling dan penyaring tanah. Penggiling tanah terdiri dari dua roll besi berbentuk segi empat yang ditekan oleh per yang berputar berlawanan arah. Penyaring tanah berbentuk drum yang berputar membuat partikel kecil jatuh melalui saringan. Sedangkan kerikil dan batu melewati saringan dan jatuh di ujung saringan terpisah dari partikel tanah yang sudah tersaring. 

Mesin ini mempunyai dimensi 175 x 65 x 80 cm, dengan kapasitas mencapai 500-600 kg tanah/jam. Berat mesin 90 kg, dengan membutuhkan daya 1 HP atau 750 Watt, serta menggunakan penggerak motor listrik 1 HP, 220 W, atau 3 phase. Mesin ini mempunyai keunggulan yaitu mudah dalam pengoperasian dan perawatan serta mudah dipindahkan tempatkan sehingga bisa mendekati lokasi/ lahan untuk persemaian. Agar mesin ini dapat berfungsi baik, maka syarat tanah bongkahan yang akan dihancurkan harus dikeringkan dengan cara dijemur atau di kering anginkan sampai kadar air sekitar 25%. (TS)


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...