Kunker ke Wonosobo, Mentan Tuinjau Perkembangan Komoditas Hortikultura di Lokasi Food Estate

Wonosabo, 18/11/2021. Usai sebelumnya kunjungi Kabupaten Temanggung, di hari yang sama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melanjutkan kunjungan kerja untuk meninjau perkembangan komoditas hortikultura berikut kesiapan display peraga unggulan pertanian di lokasi food estate Desa Lamuk, Kalikajar, Wonosobo, Kamis, 18 November 2021.

Diiringi derasnya hujan, Mentan bersama rombongan di awal kedatangan menuju display alsintan yang dihasilkan oleh penelitian dan perekayasaan Badan Litbang Pertanian seperti alat pembuat guludan, chopper pembuat pupuk organik, pengering lorong, alat pengolahan keripik kentang.

"Siapa ini (peneliti dan perekayasa) yang buat? Tolong alat mesin tanam ini diperbanyak ya" pinta Mentan Syahrul ketika menyambangi display alat mesin tanam pneumatic yang berfungsi untuk menanam biji-bijian agar jarak tanam dan kuantitas benih yang ditanam presisi.

Di lokasi tersebut, Mentan juga menyaksikan secara langsung display rencana program pelayanan jasa alsintan yang diharapkan dapat mengembangkan pemanfaatan teknologi informasi melalui sistem jasa sewa dan pinjam pakai alsintan.

"jasa alsintan berbarengan menggunakan teknologi informasi kedepannya sangat dibutuhkan, dari situ kita bisa menghasilkan efektifitas dan effiisensi kerja alsintan." terang Mentan.

Berdasarkan rekap progress lahan, food estate Wonosobo memiliki perencanaan luas area kurang lebih 339 hektar dan diharapkan menjadi salah satu lokasi model pertanaman hortikultura bagi daerah lain.

"Akan lebih indah lagi jika satu hamparan di sini minimal 30 hektar, ada bawang putih, bawang merah, cabai, kentang dan komoditas hortikultura lainnya" harap Mentan kepada Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat yang mendampingi kunjungan kerjanya.

Menyambut apa yang diharapkan Mentan, Bupati Wonosobo, menyebutkan dukungannya terhadap perluasan program food estate di Kalikajar, Wonosobo.

"Kami mendukung apa yang diinginkan, karena kami yakin program food estate dapat menjadikan masyarakat pertanian di Wonosobo berkembang lagi, terlebih dampak perekonomian daerah dengan sektor pendukung lainnya jelas Afif. (SU)


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...