Tingkatkan Pengelolaan dan Pelayanan PPID BBP Mektan adakan Monev Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

Tangerang, 13/04/2021. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev), dengan mengundang narasumber dari Biro Humas dan Informasi Publik selaku PPID Utama, serta Badan Litbang Pertanian selaku PPID Pelaksana eselon 1.

Monev bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi publik pada PPID BBP Mektan, serta mendapatkan gambaran secara riil bagaimana pengelolaan pelayanan publik di BBP Mektan, sehingga dapat diketahui kekurangan dan kelemahannya sehingga dapat dilakukan perbaikan ke depan.

Kegiatan monev dilaksanakan pada tanggal 13 April 2021, di ruang meeting BBP Mektan, serta dihadiri oleh seluruh tim PPID dan petugas layanan lingkup BBP Mektan.

Monev dibuka oleh Anjar Suprapto, Koordinator Program dan Evaluasi mewakili Kepala Balai Besar. Anjar Suprapto menyampaikan bahwa, dengan adanya kegiatan monev ini diharapkan pelayanan publik BBP Mektan bisa semakin baik dan dapat mencapai target sebagai Badan Publik informatif tahun 2021.

Wahyu Indarto, Sub Koordinator Pelayanan Informasi dan Multimedia Biro HIP menyampaikan bahwa dalam pengelolaan keterbukaan Informasi Publik (KIP) di BBP Mektan telah dilaksanakan dengan baik namun perlu ditingkatkan lagi. Beberapa hal hal yang masih perlu ditekankan adalah  adanya komitmen pimpinan dalam mendukung keterbukaan informasi publik serta menyusun laporan bulanan dan tahunan harus lebih tepat waktu, tambahnya.

Pada kegiatan monev ini dilakukan review hasil monev terhadap pengelolaan website, portal PPID serta ketersediaan fasilitas layananan berupa sarana dan prasarana yang ada di BBP Mektan.

Hasil monev terhadap pengeolaan pelayanan publik BBP Mektan melalui website dan portal PPID menunjukkan bahwa pengelolaan pelayanan publik sudah cukup baik, sehingga tinggal perlu ditingkatkan lagi, jelas Nadya Novialtsani dalam penjelasannya. Hal penting yang harus dilakukan adalah selalu berkomunikasi dan berdiskusi dengan Biro HIP dan Badan Litbang Pertanian apabila ada kendala atau permasalahan sehingga dapat segera didampingi untuk langkah perbaikannya. 

Hasil monev yang dilakukan oleh Biro HIP mengacu pada hasil penilaian Self Assesment Questionnaire (SAQ) dalam rangka pemeringkatan Badan Publik 2020, Transparansi Kinerja pada Portal PPID Kementan, serta fasilitas layanan berupasa sarana dan prasarana yang ada di BBP Mektan. Dari hasil evaluasi ini BBP Mektan akan segera melakukan perbaikan serta update informasi sesuai saran hasil monev. (SU)


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...