BBP Mektan Partisipasi dalam Bimtek Penyusunan DIP

Bogor, 15/04/2021. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan informasi publik kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana dan Pembantu Pelaksana di lingkungan Kementerian Pertanian, maka Biro Humas dan Informasi Publik (Biro HIP) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik berupa penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) tahun 2021.

Dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 pasal 7 ayat (1) menyebutkan bahwa Badan Publik wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan Informasi Publik yang berada di bawah kewenangannya kepada Pemohon Informasi Publik, selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan. Dengan adanya Undang-Undang Nomor 14 tersebut, maka badan publik wajib menginventarisir dan menyusun DIP yang dikuasai.

Bimtek dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 14-15 April 2021 secara daring dan luring yang diikuti oleh 175 unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya dari PPID Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan). Adapun narasumber Bimtek penyusunan DIP yang hadir adalah Tya Tirta Sari, Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat (KIP).

Pada Bimtek tersebut, Tya Tirta Sari memaparkan materi tentang Undang- Undang Keterbukaan Informasi Publik, klasifikasi jenis-jenis informasi serta cara menyusun DIP. Prinsip dasar dalam pengelolaan informasi adalah “semua informasi bersifat terbuka selain yang dikecualikan”, jelas Tya Tirta Sari. Oleh karena itu setiap badan publik harus bisa membedakan jenis-jenis informasi, tambahnya.

Dalam penjelasannya, Tya Tirta Sari juga menjelaskan bahwa Daftar Informasi Publik (DIP) adalah catatan yang berisi keterangan secara sistematis tentang seluruh Informasi yang berada di bawah penguasaan Badan Publik tidak termasuk informasi yang dikecualikan.

Pemutahiran DIP bisa dilakukan minimal 6 bulan sekali, adapun susunan dalam DIP meliputi : nomor, ringkasan isi informasi, pejabat//Satker yang menguasai informasi, penanggung jawab pembuatan atau penerbitan informasi, waktu dan tempat pembuatan informasi, bentuk informasi yang tersedia, jangka waktu penyimpanan/retensi arsip, serta klasifikasi dokumen (berkala, serta merta, setiap saat).

Dalam penyusunan DIP tim PPID juga harus berkonsultasi dengan pranata kearsipan atau arsiparis terkait jangka waktu penyimpanan/retensi arsip. Sedangkan terkait, DIP yang dikecualikan, maka informasi dapat diajukan oleh PPID Pembantu/ PPID Pelaksana kepada PPID Pelaksana eselon 1 masing-masing sebagai pembina dan ditembuskan ke PPID Utama. Tahap selanjutnya PPID utama melakukan uji konsekuensi terlebih dahulu, setelah itu baru penetapan sebagai informasi dikecualikan. (SU)


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...