BBP Mektan Jalin Kerjasama Mekanisasi Pertanian dengan PT. Yanmar

Serpong, 26/9/2019. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) bersama PT Yanmar Diesel Indonesia melakukan demonstrasi teknologi mekanisasi 4.0, di lahan Kantor BBP Mektan. Kerjasama ini diharapkan dapat menguntungkan bagi perkembangan mekanisasi pertanian di Indonesia untuk mendukung modernisasi di bidang pertanian. 

Baca juga: BBP Mektan Jalin Peluang Kerjasama Dengan Universitas Multimedia Nusantara

Produk yang didemonstrasikan dan diujicobakan yakni tiga traktor untuk persawahan dan perkebunan serta satu combine harvester. Traktor terbaru yang dilaunching PT. Yanmar Diesel yaitu seri traktor YM dapat meningkatkan efisiensi sistem pertanian di Indonesia.

Jati, perwakilan PT Yanmar Diesel Indonesia mengungkapkan komitmen perusahaan untuk memberikan yang terbaik, baik dalam hal mekanisasi pertanian untuk menunjang cita-cita pemerintah dan negara untuk swasembada pangan, serta berharap agar kerjasama antara Balitbangtan dengan PT Yanmar Diesel bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. 

Baca juga: Kementan Dan Pemerintah Austria Menjalin Penjajakan Kerjasama Teknologi Mekanisasi Pertanian

Saat ini perlu adanya transformasi teknologi dari 3.0 ke 4.0 sehingga Kementan telah banyak menerapkan teknologi 4.0 di bidang mekanisasi. Tenologi 4.o yang diterapkan antara lain “Autonomus Tractor, robot tanam (transplanter tanpa awak), drone penebar pupuk, drone penebar benih padi serta aplikasi untuk kepentingan petani dan masyarakat seperti Upja Smart mobile yang digunakan untuk berbisnis. Dengan teknologi digital bisa mendekatkan petani ke produsen, lebih singkat, meningkatkan efisiensi,” ujar Agung. 

Lebih lanjut disampaikan Agung bahwa saat ini diperlukan teknologi yang lebih advance yaitu menggunakan teknologi digital. Salah satu kerjasama yang dapat dilakukan antara BBP Mektan dengan PT Yanmar Diesel Indonesia adalah menerapkan smart assist untuk alat mesin pertanian. Khusunya, alsintan yang on farm seperti traktor, combine harvester dan transplanter. 

Baca juga: Penandatanganan Kerjasama Lisensi antara BBPMektan denganPT. Pro Solusi Perkasa

“Dengan smart assist, kita bisa mengecek luas lahan yang dikerjakan saat itu secara real time, jumlah traktor yang bekerja saat itu, sekaligus mengecek durasi kerja untuk peralatan yang ditempel smart assist tersebut. Sehingga kita bisa memprediksi kapan komponen-komponen fast moving itu harus diganti,” lanjut Agung. 

 “Kita akan lebih merangkul perusahaan-perusahaan untuk sama-sama memberikan sentuhan atau transformasi menuju teknologi mekanisasi 4.0 yang bertujuan meningkatkan produksi pangan, efisiensi, dan kinerja mekanisasi yang sudah tersebar populasinya di seluruh Indonesia,” ucap Agung. (Tundun)


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...