Workshop Tv Tani 2019

Depok, 17/09/2019. Media Sosial adalah media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya. Media sosial mengunakan teknologi berbasis website atau aplikasi yang dapat mengubah suatu komunikasi ke dalam bentuk dialog interaktif. Beberapa contoh media sosial yang banyak digunakan adalah YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan lain-lain. Fungsi media sosial secara umum:

Memperluas interaksi sosial manusia dengan memanfaatkan teknologi internet dan website. 

Menciptakan komunikasi dialogis antara banyak audiens (many to many). Melakukan transformasi manusia yang dulunya pemakai isi pesan berubah menjadi pesan itu sendiri. Membangun personal branding bagi para pengusaha ataupun tokoh masyarakat. Sebagai media komunikasi antara pengusaha ataupun tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial lainnya. Tujuan Media Sosial Seperti yang disebutkan pada definisi media sosial di atas, salah satu tujuannya adalah sebagai media komunikasi alternatif bagi masyarakat. Berikut ini adalah beberapa tujuan menggunakan media sosial secara umum: Aktualisasi Diri : Bagi sebagian besar orang, media sosial merupakan tempat untuk aktualisasi diri. Mereka menjunjukkan bakat dan keunikan di media sosial sehingga dapat dilihat banyak orang. Tidak heran kenapa saat ini banyak artis berlomba-lomba untuk terkenal di media sosial mereka. Membentuk Komunitas ; Komunitas online sangat mudah ditemukan saat ini, baik itu di situs forum maupun di situs social network lainnya. Media sosial menjadi wadah tempat berkumpulnya masyarakat online yang memiliki minat yang sama untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi atau pendapat. Menjalin Hubungan Pribadi ; Media sosial juga berperan penting dalam aktivitas menjalin hubungan personal dengan orang lain secara pribadi. Ada banyak sekali pengguna media sosial yang menemukan pasangan hidup, sahabat, rekan bisnis, di media sosial. Media Pemasaran : Pengguna media sosial yang jumlahnya sangat banyak tentu saja menjadi tempat yang sangat potensial untuk memasarkan sesuatu. Bisnis online yang banyak berkembang sekarang ini banyak dipengaruhi oleh media sosial sebagai tempat promosi. 

Supaya konten yang Anda buat baik video, audio atau teks menjadi viral di kalangan netizen, Anda wajib tahu 7 cara memaksimalkan konten media sosial yang bagus berikut ini. 1. Buat konten sosial media yang bisa menjangkau semua orang : Dari sekian sosial media, mana platform yang paling potensial? Hal ini perlu pertimbangan matang agar analisa Anda terkait pasar bisa maksimal. Instagram menjadi media sosial paling digandrungi anak muda hingga orang dewasa saat ini. Meskipun begitu, Anda juga harus tahu cara memaksimalkan konten media sosial lain seperti aplikasi Facebook, Twitter, Path, dan lain-lain.

Cara memaksimalkan konten media sosial selanjutnya adalah membuat konten yang bisa menjangkau semua kalangan baik kelas bawah, menengah hingga atas. Jadi, Anda bisa berpeluang mendapatkan banyak pelanggan dari semua segmen lewat satu postingan saja. 2. Membuat konten yang membahas topik lengkap : Bagaimana cara memaksimalkan konten media sosial yang menarik minat orang untuk menyelesaikan membaca? Ya, beberapa pembaca biasanya membaca sebuah artikel untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Informasi tersebut bisa saja menarik seseorang untuk melakukan share yang bermanfaat untuk menjangkau pasar lebih luas lagi. Selain itu, informasi yang lebih lengkap akan menjawab semua pertanyaan yang muncul dalam benak konsumen. Tak perlu melayani pertanyaan berbelit sehingga konsumen bisa langsung memutuskan untuk melakukan closing transaksi. 3. Menampilkan konten dengan konsep baru atau inovasi : Hal penting yang wajib pula diperhatikan adalah soal konsep konten. Sebagai seorang pengusaha yang menjual barang atau jasa lewat sosial media, Anda harus selalu mengikuti perkembangan yang terjadi. Jangan sampai konten yang Anda buat telah basi atau kadaluarsa sehingga orang-orang tak berminat melihat atau membaca. Ciptakan sebuah konten dengan konsep baru atau pandangan yang berbeda. Konten yang Anda buat semakin anti mainstream, maka semakin besar peluang sebuah konten bisa viral dan dibagikan secara meluas oleh pengikut akun. 4. Memfokuskan pada pasar yang dibidik : Fokus pada konten yang kuat dan menarik memang harus Anda lakukan agar bisa bersaing di tengah gempuran persaingan era digital yang ketat. Namun, sebaiknya Anda memang membuat konten yang fokus pada pangsa pasar. Anda memang mengharapkan sebuah konten yang bisa menjangkau semua segmen tetapi perhatikan pada konsumen prioritas. Misalnya Anda merupakan penjual produk atau jasa yang menyasar anak muda, sebaiknya buat konten yang digandrungi mulai tutorial, live streaming dan lain-lain. Cara memaksimalkan konten media sosial yang tepat memang harus sesuai dengan platform yang Anda gunakan. Contoh Anda ingin maksimal menggunakan Instagram, bisa melakukan promosi tepat menggunakan foto dan video yang menarik. 5. Membuat daftar unggahan yang menarik : Cara memaksimalkan konten media sosial tak hanya butuh inovasi atau sesuatu yang menarik dan viral saja. Anda juga harus menjaga konsistensi agar bisa bersaing dengan kompetitor lain. Sebaiknya buat daftar unggahan yang akan Anda lakukan setiap hari, minggu atau bulan. Daftar unggahan yang menarik akan membuat pelanggan setia menunggu postingan terbaru dari media sosial Anda. 6. Membuat website ramah terhadap media sosial : Pengguna media sosial semakin cerdas sehingga mereka terbiasa mencari informasi yang lengkap dan detail sebelum memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari Anda. Pastikan Anda memiliki website usaha yang ramah terhadap pengguna media sosial. Tambahkan tombol berbagi media sosial yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pengunjung website Anda. Branding yang kuat dan tepat akan membuat banyak pengguna media sosial berlanjut mengunjungi website Anda. Siapa tahu konten yang kuat dan positif akan meningkatkan jumlah penjualan Anda setiap bulan nantinya. Keuntungan fantastis bisa saja menunggu, bukan? Dan 7. Pastikan membuat format postingan yang bagus : Konten yang Anda buat bisa viral di media sosial tak sekadar menampilkan isi yang menarik saja tetapi dipengaruhi oleh format postingan. Semakin bagus format postingan Anda, pembaca akan senang menekan tombol berbagai konten lewat media sosial. Pastikan Anda menggunakan kalimat persuasif yang bagus, informatif serta menggunakan visualisasi yang bagus ya! Beberapa cara memaksimalkan konten media sosial yang baik di atas bisa Anda coba untuk menciptakan branding yang kuat. Konten sosial media yang Anda gunakan juga bisa disesuaikan dengan jenis konten yang Anda inginkan. Pertimbangkan jenis konten yang bisa memaksimalkan informasi yang ingin Anda berikan. 

Dengan konten yang berkualitas dan mampu menarik perhatian serta minat para konsumen tentu merupakan tujuan utama Anda agar bisnis yang sedang Anda jalani berjalan dengan sukses. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar konten sosial media Anda mampu menarik minat para konsumen, antara lain yaitu: Membuat judul dan headline yang menarik Ketika akan menulis, maka headline atau judul merupakan hal yang pertama kali tentu akan dilihat oleh konsumen. Karena itu, sudah sangat seharusnya pembuatan judul atau headline konten mempunyai pesan yang kuat dan mampu menciptakan suasana ketertarikan dan emosi para pembacanya. Maka, cobalah untuk membuat headline atau judul yang mampu menarik minat para konsumen untuk membacanya. Namun, buatlah sebuah pesan yang berbeda dari setiap konten yang Anda tulis. Memberikan peran yang optimal di setiap sosial media Sebagai sosial media marketing, Anda tentu memahami bahwa setiap platform yang terdapat di sosial media mempunyai keunikan yang berbeda-beda. Karena itu, jika Anda ingin membagikan sebuah konten yang sama di beberapa platform, maka Anda perlu memastikan terlebih dahulu konteks sosial media yang akan Anda gunakan. Contohnya, jika Anda ingin menggunakan Instagram maka sebaiknya menggunakan sebuah konten foto, sebaliknya jika Anda menggunakan media twitter, maka sebaiknya Anda menggunakan cuitan singkat untuk penyebaran kontennya. Variasi di setiap konten merupakan kunci Konten yang sama dan berulang justru akan membuat audiens merasa bosan dan jenuh. Hal ini tentunya akan mengurangi engagement brand Anda. Jika lebih buruk, maka hal ini akan mengurangi jumlah followers terhadap brand Anda di sosial media. Karena itu janganlah terlalu sering menggunakan konsep yang sama pada konten yang Anda buat. Anda juga dapat menyelipkan beberapa fitur seperti contohnya video pendek menggunakan format GIF untuk menambah minat audiens serta melakukan update hal baru mengenai apa yang paling disukai oleh audiens. Jangan menumpuk berbagai hal dalam sekali update Faktor penentu kesuksesan sosial media marketing adalah timing yang pas. Karena itu, sebaiknya Anda menjadwalkan waktu posting dari berbagai media sosial Anda. Namun, jangan pernah menumpuk jadwal posting, sebab hal itu justru akan membuat audiens atau followers Anda menjadi terganggu. Langkah paling tepat yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggunakan sosial media publishing atau sosial media spesialis yang berasal dari Digital Agency untuk melakukan penjadwalan serta memposting konten di setiap sosial media Anda. 

Demikian cuplikan materi yang disajikan dalam workshop TV Tani yang diselenggarakan selama 2 hari oleh Biro Humas dan Informasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian melalu TV Tani, gelaran yang diselenggarajan selama 2 hari ini mendapatkan apresiasi yang sangat positif dari para peserta. Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam mengolah konten di media sosial. (TS)


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...