Tingkat Profesionalisme SDM Penguji Alsintan melalui BImtek

Serpong, 24/9/2018. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian dalam upaya meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan petugas penguji alsintan mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Peningkatan Kompetensi SDM Penguji Alsintan, tanggal 24-28 September 2018 di BBP Mektan, Serpong. 

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas Petugas Layanan dengan Bimtek Tentang Pelayanan Prima

Bimbingan Teknis (BIMTEK) adalah Suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan bantuan yang biasanya berupa tuntunan dan nasehat untuk menyelesaikan persoalan/masalah yang bersifat teknis.  Bimbingan Teknis merupakan kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan serta kemampuan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh setiap individu maupun institusi tertentu. Sehingga dengan mengikuti Bimbingan Teknis diharapkan setiap individu maupun institusi tertentu, baik swasta maupun lembaga pemerintahan, dapat mengambil sebuah manfaat dengan berorientasi pada kinerja. 

Baca juga: Pelatihan Pengujian Mutu Alsintan Untuk Menyamakan Persepsi Mengenai Pengujian Alat Dan Mesin Pertanian

Peningkatan Kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan syarat mutlak dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Perubahan Kebijakan Pemerintah, yang berimbas pada perubahan Peraturan dan Perundang-undangan, semua unit kerja untuk mengimplementasikan perubahan tersebut, baik dari segi teknis maupun administrasi, sesegera mungkin. 

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian menyadari betul hal tersebut, untuk itu dipandang perlu untuk menyelenggarakan Bimbingan Teknis SDM Penguji Alsintan yang diikuti oleh 80 orang peserta yang berasal dari UK/UPT pelaksana uji. Kegiatan ini mengundang narasumber dari Inspektorat Jenderal - Kementan, Direktorat Alsintan – Ditjen PSP, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik – Kementerian Perindustrian serta Tim Penguji BBP Mektan.

Baca juga: Pengujian Dan Metoda Pengukuran Unjuk Kerja Traktor Roda Empat

BB Mektan mempunyai mandat sebagai laboratorium uji alat dan mesin pertanian di Indonesia, wajib didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni bidang pengujian alat dan mesin pertanian. Peningkatan kapasitas SDM pengujian terus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengguna jasa penguji alat dan mesin pertanian. Oleh karena itu pembinaan bagi seluruh petugas penguji, dan sinergi antar Unit Kerja/Unit Pelayanan Teknis yang ada di bawah Badan Litbang Pertanian, harus terus dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi SDM penguji yang ada di Badan Litbang Pertanian dan instansi terkait lainnya. (TS)


HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...