BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian
  • Info Upsus

  • Serang, 23/02/2019. Perjalanan kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Alsin (OPSIN) yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian selaku penanggung jawab di Provinsi Banten dan Sulawesi Utara memasuki tahun keduanya. Giat OPSIN yang dilakukan dikedua Provinsi tersebut terus dilakukan untuk mengevaluasi pemanfaatan alat dan mesin pertanian yang telah disebarkan dan diterima oleh petani melalui kelompok tani maupun brigade alsin yang ada.

    Baca juga: Rapim peningkatan LTT, UPSUS DAN OPSIN 2018

    Sebaran alat dan mesin pertanian di Provinsi Banten khususnya pada tahun 2015-2018 mencapai 2.388-unit Traktor Roda 2, 71-unit Traktor Roda 4 dan 216-unit Mesin Panen Padi (Combine Harvester) tersebar di 5 wilayah Provinsi Banten dengan target capaian optimalisasi pengolahan lahan dan panen mencapai 26.025 Ha (data: 2018). Giat OPSIN dirasa perlu dilakukan untuk memantau penggunaan dan optimalisasi alat dan mesin pertanian yang didapat.

    Baca juga: Dorong Opsin Untuk Peningkatan Produksi Dan Produktivitas Pertanaman

    “Insya Allah pertengahan bulan Maret – April, disini panen raya pak, walaupun ada beberapa tempat yang memang sudah panen tapi hanya spot-spot aja, palingan gak sampai 2 Ha”, ujar Kartono Petani-UPJA setempat”. Hamparan pertanaman padi masih menghijau di beberapa lokasi yang didatangi. Kecukupan air dan kondisi pertanaman yang sehat menambah optimis panen awal tahun ini akan berhasil dengan baik. “Persiapan alat dan mesin pertanian untuk panen seperti Combine Harvester dan pengolahan lahan seperti traktor roda 2 dan roda 4 telah siap”, ujar kartono lagi “kami baru mengganti rubber track nya Combine pak, allhamdullillah sudah beli sendiri dan perbaikan-perbaikan kecil dan perawatan kami lakukan bekerjasama UPJA Provinsi sebagai koordinatornya”

    Baca juga: Tongkat Estafet UPSUS BB Mektan di Prov. Sulawesi Tenggara

    Setali tiga uang dengan wilayah ini, kecamatan Patia pun kondisi nya sama dengan cikeusik dan lainnya di kabupaten Pandeglang dan kabupaten Tangerang, persiapan panen terus dilakukan, semoga panen awal tahun 2019 ini melimpah. (TS)