BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Studi Banding Dinas Pertanian Pemerintah Kota Baubau di BBP Mektan

Studi Banding Dinas Pertanian Pemerintah Kota Baubau di BBP Mektan

Studi Banding Dinas Pertanian Pemerintah Kota Baubau di BBP Mektan

Serpong, 5/3/2019. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) menerima kunjungan studi banding dalam rangka meningkatkan kapasitas pengetahuan mengenai alat dan mesin pertanian.

Kunjungan ini disambut oleh Armadu Gultom, Kepala Seksi Kerjasama, mewakili Plt. Kepala Balai Besar Pengembangan Mekansasi Pertanian didampingi oleh Lilik Tri Mulyantara, perekayasa BBP Mektan.

Ada 8 Kecamatan di wilayah Baubau yang terletak di pulau Buton, Sulawesi Tenggara ini, serta 3 Kecamatan yang memiliki lahan pertanian spesifik lokasi atau beragam sifat lahan pertaniannya. Dinas Pertanian Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, merupakan wilayah yang menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) pada tahun 2018. Namun pemanfaatan alsintan bantuan di beberapa desa di ketiga kecamatan tersebut masih kurang. Hal ini disampaikan oleh Muh. Hilman dari Dinas Pertanian Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam sambutannya selaku pedamping rombongan peserta kunjungan ke BBP Mektan. Ditambahkan oleh Muh. Hilman bahwa ke 18 peserta rombongan dari Dinas Pertanian Kota Baubau ini terdiri dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL); pengelola brigade alsintan; dan pengurus Usaha Pengelolaan Jasa Alsintan (UPJA).

Baca juga : BBP Mektan Terima Kunjungan Studi Banding 5 UPJA Berprestasi

Menanggapi dengan apa yang telah disampaikan oleh Muh. Ilham, Armadu Gultom menyampaikan bahwa BBP Mektan terbuka untuk memberikan informasi baik secara langsung ataupun tidak langsung, antara lain melalui pendampingan dan bimbingan teknis (Bimtek) tentang pengoperasian, perawatan dan trouble shooting alsintan khususnya untuk alsintan bantuan pemerintah, agar pemanfaatan alsintan bantuan lebih optimal.

Dengan pemanfaatan alsintan yang optimal tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produksi dan produktifitas pertanian mendukung program Kementerian Pertanian menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia di tahun 2045, tambahnya.

Setelah acara sambutan, selanjutnya peserta diajak berkunjung ke Taman Sains enjiniring Pertanian (TSEP) BBP Mektan untuk melihat hasil-hasil penelitian dan kerekayasaan alsintan BBP Mektan didampingi petugas.

Baca juga : Tingkatkan Profesionalisasi ASN BBP Mektan melalui Studi Banding

Ditengah kunjungan, Plt. Kepala Dinas Pertanian Pemerintahan  Kota Baubau, Abdul Karim hadir serta menyampaikan ketertarikannya pada teknologi alsintan tepat guna, dan berkeinginan agar ada kerjasama pelatihan alih teknologi mekanisasi pertanian khususnya dalam hal mengatasi kendala (trouble shooting) alsintan antara Dinas Pertanian Pemerintah Kota Baubau dengan BBP Mektan.

Diskusi dan saling tukar menukar cenderamata dari Dinas Pertanian Pemerintah Kota Baubau dan BBP Mektan merupakan ahkir dari kunjungan ini. (PY)