BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Pertahankan Akreditasi Laboratorium Uji BBP Mektan

Pertahankan Akreditasi Laboratorium Uji BBP Mektan

Serpong, 12/03/2019. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) merupakan salah satu lembaga yang memiliki Tugas dan Fungsi (Tusi) sebagai lembaga penguji alat dan mesin pertanian yang ada dan yang akan diedarkan di Indonesia. Laboratorium Uji BBP Mektan sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor akreditasi LP-1185-IDN. Laboratorium ini mempunyai fasilitas dan sarana pengujian yang lengkap serta SDM yang kompeten, fasilitas laboratorium uji untuk Traktor Roda Dua, Traktor Roda Empat, Pompa Air Irigasi, Sprayer, alsintan Panen dan Pasca panen.

Baca juga: Assement Dalam Rangka Re-akreditasi Laboratorium Pengujian Alat Dan Mesin Pertanian BBP Mektan

ISO 17025-2017 menjadi parameter pelaksanaan pengujian alat dan mesin pertanian yang dilaksanakan oleh BBP Mektan, dalam implementasinya parameter-parameter yang termaktub dalam ISO 17027-2017 tersebut harus terus dilakukan dan disupervisi oleh lembagan terkait untuk itu. Komite Akreditasi Nasional sebagai lembaga yang memberikan otorisasi ISO terus mendapingi Lab. Pegujian BBP Mektan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Implementasi penerapan ISO 17025-2017 secara konsisten harus terus diimplementasikan agar sistem manajemen mutu, validitas dan konsistensi dari data yang dihasilkan dapat dipertahankan dan dipertanggung jawabkan." Demikian papar Dewi Kusumawardani di sela-sela pelaksanaan surveilen yang dilaksanakan, bersama 2 rekannya yang lain Tim dari KAN.

Baca juga: Introduksi Paket Alat Mesin Mendukung Pengembangan Hortikultura Di Laboratorium Lapang (LL) Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi

Pelaksaaan kegiatan ini bukan semata-mata untuk pengawasan saja namun yang lebih penting adalah memberikan jaminan kualitas dan validitas dari alat dan mesin pertanian yang akan disebarkan di Indonesia khususnya. Mengakhiri kunjungannya dalam surveilen laboratorium yang ada di BBP Mektan Dewi mengatakan “Pertahankan Akreditasi yang telah diraih oleh BBP Mektan.

Baca juga: Laboratorium Pengujian Traktor Roda Empat

Semoga dengan terus terkreditasinya laboratorium uji BBP Mektan ini dapat memberikan keamanan dan jaminan kualitas dari alat dan mesin pertanian yang akan beredar di Indonesia, sehingga petani tidak lagi merasa was-was dan enggan menggunakan alat dan mesin pertanian. (TS)