BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Penandatanganan MOU Kerjasama Pengembangan Teknologi Mekanisasi Pertanian

Masih dalam rangkaian acara Pekan Agro Inovasi III yang berlangsung pada tanggal 11-15 agustus 2009,  telah dilaksanakan penandatanganan MoU/ kerjasama antara Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian dengan 2 Pemerintah Daerah Kabupaten, Propinsi Kalimantan Tengah dan 4 industri/ pengusaha alat dan mesin pertanian, yaitu:
  1. Pemerintah Daerah Kabupaten  Kapuas (Kalimantan Tengah), kerjasama dalam bidang Pengembangan Desa Pertanian Mekanisasi.
  2. Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kalimantan Selatan), Pengembangan Alat Dan Mesin Pertanian Center.
Penandatanganan MoU dengan Bupati Kapuas dan Bupati Hulu Sungai Selatan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2009 di Auditorium Gedung F, Kantor Pusat Departemen Pertanian.

Adapun perusahaan alsintan yang melaksanakan penandatanganan MoU dengan BBP Mekanisasi Pertanian adalah:
  1. PT. Mitra Balai Industri, kerjasama dalam pengembangan prototipe dan pemassalan mesin pencacah bahan pupuk organik (APPO).
  2. PT. Mitra Bina Usaha Bersama, kerjasama dalam pengembangan prototipe dan pemassalan mesin perontok padi (power thresher).
  3. PT. Alfa Persada Raya, kerjasama uji coba pemanfaatan energi biogas sebagai sumber energi listrik pada menara telekomunikasi telepon seluler di wilayah RI.
  4. PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk, kerjasama dalam bidang pengembangan prototipe dan pemassalannya untuk mesin panen padi (mower) dan mesin tanam biji-bijian.

Penandatanganan MoU dengan perusahaan alsintan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2009  berbarengan dengan pelaksanaan acara Apresiasi Inovasi Apresiasi Teknologi Mekanisasi Pertanian Unggulan bertempat di auditorium II Puslibangbun, Cimanggu Bogor. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian berkesempatan hadir dan menyaksikan acara penandatanganan MoU ini.