Pertemuan Teknis Pembahasan Rencana Operasional Penelitian/Perekayasaan (ROPP) Koordinatif Lintas Puslit/BB/Balit/BPTP Tahun 2013 BBP Mektan

Dalam rangka meningkatkan koordinasi dalam perumusan program penelitian dan pengembangan pertanian melalui suatu forum peneliti/perekayasa lingkup Badan litbang Pertanian TA. 2013, BBP Mektan telah melaksanakan penelitian/perekayasaan koordinatif lintas Puslit/BB/Balit/BPTP dengan (Balitsa, Balittas, Balittra, BPTP Jatim, BPTP Sumbar, BPTP Sulsel).

Adapun tujuan Pertemuan teknis ini adalah 1.) Meningkatkan koordinasi dalam perumusan kebijakan program penelitian dan pengembangan pertanian melalui suatu forum peneliti/perekayasa lingkup Badan litbang Pertanian, 2.) Mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumberdaya (SDM, sarana dan prasarana) penelitian/perekayasaan pertanian yang ada pada Puslit/Balit lingkup Badan Litbang Pertanian, 3.) Meningkatkan efisiensi dan efektifitas sumber dana serta sarana dan prasarana penelitian/perekayasaan pertanian, 4.) Menghindari terjadinya duplikasi kegiatan perekayasaan pertanian. 5.) Mewadahi komunikasi dan kerjasama diantara peneliti/perekayasa lingkup Badan Litbang Pertanian guna meningkatkan profesionalisme dalam penelitian/perekayasaan dan diseminasi teknologi hasil penelitian/perekayasaan.

Pertemuan Teknis ini dilaksanakan dalam rangka pembahasan Rencana Operasional Penelitian/Perakayasaan (ROPP) yang dilaksanakan pada tanggal 13 – 14 Februari 2013 di Hotel The Green, Ciawi Bogor. Pertemuan Teknis ini dihadiri kurang lebih 30 peserta terdiri dari 6 orang peneliti (Balitsa, Balittas, Balittra, BPTP Jatim, BPTP Sumbar, BPTP Sulsel) masing-masing 1 orang sebagai penanggung jawab kegiatan, perekayasa dan anggota yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Pertemuan Teknis dibuka oleh Kepala Balai Besar Dr. Ir. Astu Unadi, M.Eng, sedangkan pengantar acara Pertemuan Teknis  pembahasan ROPP ini disampaikan oleh Kepala Bidang Program dan Informasi, Dr. Harmanto, M. Eng.  Dalam  pengarahannya Ka Balai Besar berharap agar kegiatan koordinatif ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya khususnya penajaman metodologi penelitian/perakayasaan sehingga hasil yang diharapkan sebagaimana tertuang dalam roadmap RPTP dapat dicapai. Disamping itu diharapkan pula agar target Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditargetkan akan tercapai karena hal ini akan menjadi  penilaian kinerja BBP Mektan.

Kegiatan Koordinatif ini dilakukan melalui 6 Judul Kegiatan, Dalam Pertemuan Teknis pembahasan ROPP tersebut telah dievalusi olem Tim Evaluator/Nara Sumber 2 orang dari BBP Mektan, 1 orang dari Puslitbangbun, 1 orang dari BBP2TP dan 1 orang dari Perguruan Tinggi (IPB).

Adapaun judul kegiatan penelitian/perekayasaan yang dibahas ROPPnya  6 judul dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari sebagai berikut :

 

Hari I tanggal 13 Februari 2013 Judul kegiatan penelitian/perekayasaan yang diseminarkan adalah :

  1. Kajian Pemanfaatan Alat Tanam dan Panen Spesifik Lokasi di Sulawesi Selatan (Ir. Baso Aliem L., M.Si.)
  2. Studi Karakteristik Sistem budidaya Benih Kentang Secara Aeroponik (Dr. Ir. Rakhmat Sutarya, MS.)
  3. Studi Karakteristik Pemanenan tebu (Physhycal Properties) Batang Tebu dan Lahan Tebu di Indonesia (Ir. Abi Dwi Hastono)

Nara Sumber/Evaluator :  Dr. Ir. Astu Unadi, M.Eng (BBP Mektan, Dr. Trip Alihamsyah, M.Sc (BBP Mektan), Prof. Dr. Bambang Prastowo (Puslitbangbun), Dr. E. Eko Ananto (BBP2TP) dan Prof. Dr. Tineke M. (Fateta IPB)

Moderator : Dr. Agung Prabowo, M.Eng. (BBP Mektan)

 

Hari II tanggal 14 Februari 2013 Judul kegiatan penelitian/perekayasaan yang diseminarkan adalah :

  1. Kajian Penerapan Paket Alat Mesin Budidaya Padi di Lahan Rawa (Dr. Ir. Khairil Anwar, MS.)
  2. Model Penerapan Teknologi Mekanisasi Pengolahan Tepung Kassava Termodifikasi di Sumatera Barat ( Ir. Kasma Iswari, M.Si.)
  3. Kajian Penerapan Alat Tanam Kedelai secara Mekanis di Daerah Sentra Pengembangan Kedelai, Jawa Timur (Dr. Didik Harnowo)

Nara Sumber/Evaluator :  Dr. Ir. Astu Unadi, M.Eng (BBP Mektan), Dr. Trip Alihamsyah, M.Sc (BBP Mektan), Prof. Dr. Bambang Prastowo (Puslitbangbun), Dr. E. Eko Ananto (BBP2TP) dan Prof. Dr. Tineke M. (Fateta IPB)

Moderator : Dr. Suparlan, M.Agr. (BBP Mektan)

HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...