BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

BBP Mektan Jalin Peluang Kerjasama Dengan Universitas Multimedia Nusantara

BBP Mektan Jalin Peluang Kerjasama Dengan Universitas Multimedia Nusantara

Serpong, 19/03/2019. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian menerima perwakilan civitas Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dalam rangka kunjungan balasan yang dilakukan oleh Tim Perekayasa BBP Mektan.

Kunjungan ini disambut oleh Anjar Suprapto, selaku Kepala Bagian Program dan Evaluasi, mewakili Kepala Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian beserta Tim Perekayasa. Kunjungan ini disambut baik oleh BBP Mektan khususnya untuk membuka kerja sama antar berbagai pihak, seperti perguruan tinggi, perusahaan swasta, dan stakeholder lainnya.  

Baca juga: LAPAN dan BBP Mektan Jajaki Kerjasama Litbang

“BBP mencoba mengelaborasi semua pihak agar dapat bekerja sama untuk menghasilkan teknologi yang bermanfaat, bisa diaplikasikan dan digunakan di dunia pertanian, terutama oleh petani sebagai pengguna langsung”, ujar Anjar. Menambahkan pula bahwa kerja sama antara pemerintah, yakni BBP Mektan, dengan UMN sangat tepat diterapkan dalam program kerja di BBP Mektan.

Acara kunjungan disi dengan diskusi mengenai program kerja yang ada di BBP Mektan, khususnya mengenai Smart Irigasi. Smart Irigasi merupakan salah satu kegiatan di BBP Mektan yang bertujuan untuk menghemat penggunaan air irigasi dan nutrisi, meminimalisir daya evaporasi tanah dan aliran air, dan mengurangi tenaga kerja pada proses pengairan. Kontrol Smart Irigasi ini juga diharapkan dapat dilakukan melalui aplikasi berbasis internet. Dengan menggandeng UMN kedepannya Smart Irigasi dapat diwujudkan.

Baca juga: Kementan Dan Pemerintah Austria Menjalin Penjajakan Kerjasama Teknologi Mekanisasi Pertanian

Tanggapan positif disampaikan oleh Hira Meidia, selaku perwakilan dosen UMN yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik UMN, dan siap memberikan kontribusi untuk pelaksanaan kegiatan Smart Irigasi. Mengingat visi UMN yang mengedepankan ICT dalam setiap aktivitas civitasnya, namun selama ini civitas UMN masih minim melakukan penelitian di bidang pertanian. Kerja sama ini tentu menjadi kesempatan baik untuk UMN.

Pada kesempatan ini, perwakilan dosen UMN juga diajak untuk berkeliling mengunjungi beberapa fasilitas penelitian yang dimiliki oleh BBP Mektan. (Dian)