Bimtek Alsintan Mendukung Keberhasilan Program Food Estate Kalteng

Bimtek Alsintan Mendukung Keberhasilan Program Food Estate Kalteng (Foto: Wiranto)

Pulang Pisau, 19/12/2020. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Food Estate yang berlokasi di Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Bimtek dihadiri oleh 70 orang petani yang berasal dari 2 kelompok tani, terdiri dari 35 orang petani dari kelompok tani Panca Makmur dan 35 orang petani dari kelompok tani Bataguh. Berbagai materi tentang alsintan disajikan oleh Perekayasa Balitbangtan seperti Traktor Perahu, Drone Sprayer, Pompa Irigasi Hybrid, Pompa Apung, Mesin Tanam Benih Langsung dengan trator roda 4, yang disampaikan  oleh Perekayasa Balitbangtan Dr. FX. Lilik Trimulyantara.

Lilik menjelaskan mengenai pengoperasian dan perwaratan alsintan kususnya dilahan rawa rawa pasang surut seperti di Kabupaten pulang Pisau yang memiliki kriteria dan karasteristik tanah yang berbeda dengan daerah lainnya. 

Selain itu Lilik menerangkan pengoperasian alsintan ini membutuhkan beberapa syarat untuk mendapatkan pengolahan lahan yang sempurna agar tidak terjadi masalah dalam pengopearian alsintan tersebut.

“Traktor Perahu sangat diperlukan karena dalam pengoperasiannya sangat membutuhkan air yang banyak, di kabupaten Pisau sangat cocok menggunakan mesin olah tanah Traktor Perahu karena lahan rawa pasang surut di daerah ini mempunyai sumber air yang melimpah,” jelas Lilik. Lebih lanjut ia menjelaskan secara detail cara pengoperasian dan perawatan Traktor Perahu dan Alsintan lainnya.

Mujiono, salah satu pengurus kelompok tani Panca Makmur menyampaikan apresiasinya kepada Balitbangtan atas kegiatan bimtek alsintan tersebut. "Kami merasa sangat atusias dan berterimakasih kepada Balitbangtan yang telah mengadakan kegiatan bimtek seperti ini. Dengan adanya bimtek ini, kami merasa sangat mendukung dan menunjang keberhasilan dari Program Food Estate ini, terutama Drone Sprayer dan Traktor Perahu mengingat disini ada dua tipe tanah yang tidak bisa dilalui atau dikerjakan menggunakan traktor roda 2 maupun traktor roda 4, sehingga penggunaan traktor apung sangat cocok untuk daerah ini” ungkap Mujiono.

Selain itu mujiono berharap agar pihak perusahaan maupun pemerintah selalu proaktif untuk mengadakan bimtek-bimtek yang tidak terputus, agar para petani betul-betul dapat mengerti dan memahami cara pengoprasian dan perawatan alsintan tersebut, terutama bimtek untuk para operator alsintan. (Wira)

HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...