BBP Mektan Gelar Seminar Akhir Kegiatan TA. 2020

BBP Mektan Gelar Seminar Akhir Kegiatan TA. 2020 (Foto: Wiranto)

Tangerang, 21/12/2020. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) pada hari Senin tangal 21 Desember 2020 melaksanakan seminar akhir tahun kegiatan penelitian/perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian Tahun Anggaran (TA) 2020, yang dihadiri oleh pejabat eselon III dan IV, penanggung jawab kegiatan, perwakilan peneliti/perekayasa, koordinator teknisi litkayasa serta tim evaluator dari BBP Mektan. Karena masih masa pandemi covid 19, peserta pertemuan tetap harus menjaga protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak dan wajib mnggunakan masker. 

Seminar dibuka oleh Kepala Balai Besar, Agung Prabowo. Pada acara pembukaan Kepala Balai Besar menyampaikan bahwa seminar akhir tahun ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui hasil kegiatan yang telah dilakukan pada tahun 2020.  Selain itu juga untuk mendapatkan saran dan masukan tentang hasil kegiatan, apakah sudah sesuai target yang diharapkan/ tetapkan, tambahnya. 

Agung Prabowo juga menjelaskan bahwa, tahun 2021 Kementerian Pertanian tetap melanjutkan program utama yaitu Food Estate pada berbagai lokasi, dimana dalam program food estate ini peran mekanisasi pertanian merupakan komponen utama untuk mendukung keberhasilan program tersebut. Program food estate tahun ini, baru ada di provinsi Sumut dan Kalteng, namun untuk tahun 2021 akan diperluas pada berbagai lokasi antara lain : NTT, Sulsel dan Sumsel. 

Dangan adanya program tersebut, maka tahun 2021 kegiatan perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian harus mendukung kegiatan food estate, sehingga dapat meningkatkan produksi dan efisiensi, menuju pertanian maju, mandiri dan modern, tutupnya.

Seminar ini menghadirkan presentasi dari 9 penanggung jawab kegiatan, dimana dalam proses pelaksanaannya setiap penanggung jawab mempresentasikan hasil kegiatannya, selanjutnya di evaluasi oleh tim evaluator untuk mendapakan saran dan masukan, dan diakhiri dengan diskusi untuk membahas hasil evaluasi dari tim evaluator.

Adapun 9 (Sembilan) kegiatan  penelitian/perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian, TA. 2020 meliputi :

  1. Pengembangan Long Mat Pembibitan pada Mesin Tanam Padi Otomatis
  2. Pengembangan Mesin Pemanen Padi dan Olah Tanah Terintegrasi Otomatis
  3. PengembanganModel Irigasi Cerdas Komoditas Hortikultura
  4. PengembanganPaket Mesin Budidaya Padi untuk Lahan Rawa
  5. Pengembangan dan Penerapan Alsin Budidaya Tebu
  6. Pengembangan Model Alsintan Hulu Hilir untuk Meningkatkan Produksi dan Menurunkan Losses
  7. Pengembangan Rekayasa dan Pengembangan Command Control Mobile untuk Teknologi Alsintan 4.0
  8. Pengembangan Drone Deteksi Kesehatan dan Kesuburan Tanah
  9. Pengembangan dan Penerapan Alsin Pemproses Produk Samping Padi

(SU.)

HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...