Penggunaan Alsintan Tingkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Produksi Pertanian

Penggunaan Alsintan Tingkatkan  Efektifitas Dan Efisiensi Produksi Pertanian

Tangerang, 27/01/21. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan didampingi Kepala BPPT bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat kesiapan inovasi alat mesin pertanian (alsintan) khususnya dalam mendukung pengembangan Food Estate di Sumatera Utara.

Pemerintah saat ini sedang membangun food estate di sejumlah kawasan, seperti Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Kalimantan Tengah, serta Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Selain dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan nasional, pengembangan food estate juga diarahkan sebagai model bisnis pertanian yang terintegrasi.

Menko Luhut menyebut bahwa ada tiga pengungkit utama dalam modernisasi pertanian, yaitu benih/bibit, pupuk, dan alat mesin pertanian. Luhut juga mendukung sinergi yang dibangun oleh Kementan bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) maupun lembaga-lembaga lainnya dalam pengembangan riset pertanian maupun rekayasa alsintan.

Khusus untuk alsintan, Luhut menilai mekanisasi memang harus dimasifkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Teknologi alsintan seperti drone, water drip irrigation, dan transplanter diharapkan bisa mendukung pertanian modern yang lebih terintegrasi.

Sementara, Mentan menambahkan saat ini Kementan telah fokus dalam peningkatan penggunaan alsintan yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi produksi pertanian. Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry juga menegaskan bahwa Balitbangtan siap dengan berbagai prototipe alsintan mulai dari hulu hingga hilir, dan sebagian telah dilisensi. Dari beberapa prototipe tersebut juga ada yang sudah diujicobakan di lahan Food Estate.

Kunjungan diawali dengan melihat demonstrasi alsin serta mengunjungi mini display alsintan, dilanjutkan dengan mengunjungi fasilitas laboratorium pengujian alsintan serta penerapan teknologi smart teknologi di lahan. Acara dilanjutkan dengan paparan dan diskusi tentang kebutuhan nasional alsintan serta teknologi estimate luasan dan produksi panen. Acara diakhiri dengan arahan dari Menko Marves. (SU)

HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...