BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Tingkatan Kinerja UPJA Dengan Penerapan Pertanian Modern

Inisiasi UPJA Modern di Jawa Tengah

Ungaran, 06/12/2018. Balai Besar  Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Temu Teknis dan FGD tentang "Peningkatan Kinerja UPJA Pertanian Modern" pada  tanggal  6 Desember 2018, di Ungaran - Jawa Tengah.

Kegiatan dilaksanakan satu hari ini dihadiri oleh petugas dan perwakilan dinas pertanian kabupaten/kota dan UPJA unggulan yang telah menerapkan UPJA modern di wilayahnya masing-masing. Dalam sambutan pembukanya Kepala BBP Mektan yang diwakili oleh Kabid. KSPHP Agung Prabowo mengatakan "Optimalisasi alsin merupakan tujuan akhir dari penerapan teknologi mekanisasi pertanian  yang dalam proses pencapaiannya menemui beberapa hambatan, namun hambatan-hambatan yang terjadi di masa sekarang ini tidak menjadikan penghalang bagi petani dalam melaksanakan kegiatan usaha taninya, dengan penggunaan alsintan, modernisasi sarana dan prasarana pertanian menjadi jawaban permasalahan ini" ungkapnya.

Baca juga: Training Inkubasi Bisnis Mempercepat Adopsi Teknologi Alsintan Bagi Kelompok Tani/Upja

UPJA... lembaga ekonomi pedesaan yang dikelola untuk memperoleh profit, perlu dukungan SDM untuk menunjang proses dan keberlanjutan pelayanan jasa, masih terbentur oleh kendala kultur budaya petani yang mungkin sudah tidak aplicable saat ini, sehingga perlu pemahaman yang utuh, edukasi yang bertahap dan komprehensif based on efisiensi dan keuntungan. Tidak hanya itu, pemahaman mekanisasi adalah segalanya adalah kurang tepat, karena mekanisasi berjalan perlu kesiapan, kesesuaian dan gerakan semua sumber daya pendukung. Namun, dengan realita luas lahan yang ada dan ketersediaan alsintan dan operasionalnya, mekanisasi adalah keharusan dan memiliki peluang profit yang luas.

Baca juga: Diklat Manajemen UPJA Tingkatkan Keterampilan Widyaiswara

Demikian kira-kira cerita salah satu praktisi pengelola UPJA dari Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Lain halnya dengan pengalaman kelompok tani di Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo yang sudah megelola UPJA secara internal dalam kawasan konsolidasi lahan. Dengan konsolidasi lahan, pengelolaan UPJA menjadi semakin mudah, ketertiban petani dalam mengelola lahan semakin tertata, dan semakin mudah diarahkan untuk menjadi corporate farming (sumber : BPTP Prov. Jateng)

Baca juga: Peran Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) dalam Bimbingan Teknis Pengelolaan UPJA di Jambi

Kegiatan  Temu Teknis Peningkatan Kinerja UPJA Pertanian Modern ini menghadirkan pakar mekanisasi, inovator, perekayasa, peneliti, penyuluh, praktisi, pengelola UPJA, dan pemangku kebijakan di  Jawa Tengah. Dua narasumber utama dari BPTP Balitbangtan Jateng, menyampaikan dukungan pemberdayaan SDM dan penguatan kelembagaan untuk keberlanjutan UPJA dalam corporate farming dalam frame pertanian modern. (TS)