BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Optimalkan Kinerja Alsin Bantuan dengan Melakukan BIMTEK Mekanik di BBP Mektan

Optimalkan Kinerja Alsin Bantuan dengan Melakukan BIMTEK Mekanik di BBP Mektan

Serpong, 12/4/2019. Dunia teknologi mekanisasi pertanian saat ini semakin maju searah dengan laju kebutuhan mesin pertanian dibidang pertanian. Di negara yang sudah maju, bidang pertanian sudah tidak dapat lepas dari peran kinerja mesin-mesin pertanian ini. Negara yang berkembang seperti di Indonesia, peran dari kinerja alat dan mesin pertanian sangat diperlukan. Saat ini bidang pertaniani kita mengalami kejerihan (kelangkaan) tenaga kerja di bidang pertanian. Pada hal salah satu program utama pemerintah adalah menjadikan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. Keseriusan untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut ialah dengan adanya program pemerintah memberikan bantuan berupa alat dan mesin pertanian bagi petani di seluruh wilayah negeri ini. Seperti pada tahun 2017 bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah kepada petani di seluruh Indonesia meningkat hingga 600%, sementara pada tahun sebelumnya, yaitu tahun 2010 sampai dengan tahun 2014 tidak lebih dari 50.000 unit (detikFinance, Sabtu, 21 Jul 2018).

Baca juga : Optimalkan Bantuan Alsintan Dengan Kegiatan  Pelatihan Alsintan

Banyak daerah yang sudah menerima bantuan tersebut, antusias untuk dapat mengoptimalkan hasil pertanian di wilayahnya. Walau dengan spesifikasi lahan pertanian yang sangat beragam di Indonesia. Seperti Dinas Pertanian Kabupaten Timor Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan salah satu daerah menerima bantuan alat dan mesin pertanian berupa traktor roda 4, combine harvester, dan mesin tanam padi jajar legowo (jarwo). Guna mengoptimalkan kinerja alat dan mesin bantuan tersebut, diperlukan wawasan tambahan mengenai alsintan tersebut.

Baca juga : Pelatihan Pengoperasian, Perawatan dan Trobleshooting Traktor Roda 4

Upaya untuk melakukan hal tersebut Dinas Pertanian Kabupaten Timor Tengah NTT, telah menugaskan 4 orang yang membidangi alsintan untuk melakukan bimbingan teknik (Bimtek) mekanik alsintan pada tanggal 8 – 13 April 2019 di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) Badan Litbang Pertanian. Materi bimtek yang diberikan meliputi  pengoperasian, perawatan, dan trouble shooting (mengatasi kerusakan jika ada) untuk alsin : traktor roda 4; mesin tanam padi Jarwo (jarwo transplanter); mesin pemanen padi (combine harvester); dan pembibitan padi. Materi yang diberikan dalam bimtek ini lebih banyak pada praktek (70%) sisanya adalah (30%) teori. Narasumber terdiri dari perekayasa didampingi teknisi litkayasa BBP Mektan.(PY)