BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Rapat Bulanan Bbp Mektan : Fokus Mengutamakan Kegiatan Perekayasaan

Rapat Bulanan Bbp Mektan : Fokus Mengutamakan Kegiatan Perekayasaan

Serpong, 09/01/2018. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) mengawali tahun anggaran 2019 melaksanakan rapat bulanan dalam rangka evaluasi  kegiatan dan anggaran 2018 serta rencana kegiatan dan anggaran tahun 2019. 

Plh. Kepala Balai Besar Anjar Suprapto, dan juga selaku Kuasa Pengguna Anggaran mengungkapkan bahwa, pada tahun 2019 ini harus mengutamakan kegiatan inhouse BBP Mektan sebagai program prioritas dibanding kegiatan pendukung lainnya. Diharapkan pula kepada seluruh tim pendukung kegiatan inhouse dapat selalu berkomitmen agar output kegiatan inhouse dapat terselesaikan tepat waktu, termasuk dalam penyelesaiaan administrasinya.

Baca juga: Rapat Pleno “Komisi Pengembangan Mekanisasi Pertanian” 2015

Anjar menuturkan prioritas kegiatan perekayaan utama di BBP Mektan di tahun anggaran 2019 adalah Kegiatan teknologi mekanisasi pertanian mendukung pengembangan pertanian bioindustri.

Prioritas kegiatan perekayaan utama di BBP Mektan terdapat 8 judul kegiatan perekayasaan meliputi : pengembangan traktor otomatis (Autonomous Tractor), pengembangan alsintan pendukung budidaya pada lahan kering, pengembangan implement direct seeder lahan sawah, pengembangan mekanisasi smart farming, pengembangan model aplikasi pelayanan jasa alsintan, pengembangan mesin sambung pucuk bibit tanaman, pengembangan mesin budidaya lahan rawa, pengembangan pertanian modern padi dan ternak sapi.

Baca juga: Rapat Koordinasi PPID Lingkup Kementan 2018

Judul-judul tersebut bersifat tidak mengikat dan sewaktu-waktu dapat berubah sesuai arah perkembangan kebijakan dari Kementerian pertanian.

Selain untuk kegiatan utama, anggaran tahun 2019 BBP Mektan juga dialokasikan untuk kegiatan rumusan kebijakan pengembangan mekanisasi pertanian, diseminasi teknologi mekanisasi pertanian, prototipe alsin pertanian, alat dan mesin pertanian yang diuji, layanan humas BBP Mektan, layanan perkantoran dan pengembangan sarana laboratium serta meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) di BBP Mektan dengan pelatihan jangka pendek dan menengah. (Wira)