BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Tongkat Estafet UPSUS BB Mektan di Prov. Sulawesi Tenggara

Tongkat Estafet UPSUS BB Mektan di Prov. Sulawesi Tenggara

Kendari, 22/11/2018. Perubahan struktur baru kepemipinan yang terjadi di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BB Mektan) tidak membuat tupoksi dan kegiatan utama yang diembannya menjadi melambat. Salah satunya adalah tanggung jawab pelaksanaan UPSUS di Provinsi Sulawesi Tenggara, Plt. Kepala Balai Besar Dr. Moh. Ismail Wahab (Kapuslitbangtan) meneruskan tongkat estafet pelaksanaan UPSUS di Sulawesi Tenggara menggantiikan peran Kepala Balai sebelumnya yang kini menjabat sebagai Direktur Alsin, Ditjen PSP – Kementerian Pertanian.

Baca juga: Rapim peningkatan LTT, UPSUS DAN OPSIN 2018

“ya, jangan sampai perubahan yang terjadi mempengaruhi kinerja UPSUS di Provinsi Sultra ini menurun bahkan harus meningkat, menjadi 5 Provinsi terbaik pelaksanaan UPSUS di Indonesia tidak mudah untuk dicapai, terus tingatkan lagi”, ujarnya ketika membuka dan memberikan arahan dalam Rapat UPSUS Padi, Jagung dan Kedelai Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari.

Baca juga: Rapat Koordinasi UPSUS Provinsi Sulawesi Tenggara

Lebih lanjut Plt. Kepala Balai Besar mengatakan “pemerintah pusat selalu mendukung program-program yang dilaksanakan oleh daerah” hal ini ditandai dengan keseriusan beliau untuk memberikan bantuan benih sumber komoditas tanaman pangan, kita harus salling mendukung satu sama lain, jangan sampe berhenti disini, sayang dengan hasil yang telah dicapai.

Baca juga: Singkronisasi Giat Upsus – Opa Sulawesi Tenggara

Target capaian untuk periode Oktober 2018-Maret 2019 untuk provinsi Sulawesi Utara mencapai 163.815 ha, jumlah ini meningkat dari periode sebelumnya sebesar 99.730,4 (meningkat sebesar 3%). Hal ini telah menjadi kesepakatan bersama antara BBP Mektan sebagai penanggung jawab UPSUS Nasional, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, BPS Provinsi dan Instansi terkait lainnya.

Baca juga: Sosialisasi Sistem Jajar Legowo Mendukung Program UPSUS oleh Menteri Pertanian

Rakor UPSUS Provinsi Sultra ini dihadiri oleh seluruh perwakilan dinas pertanian provinsi dan kabupaten se-sultra, BPS provinsi dan BBP Mekanisasi Pertanian sebagai penanggung jawab nasional. Diharapkan dengan pelaksaan kegiatan ini dapat memacu pertumbuhan pertanian di Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya dan Indonesia pada umumnya. (TS)