Pengaduan Masyarakat (Dumas)

Prosedur Pengaduan Masyarakat

Sebagaimana diatur dalam pasal 36 Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, perihal Pengelolaan Pengaduan bahwa penyelenggara pelayanan publik berkewajiban melaksanakan pengelolaan pengaduan masyarakat. Manfaat dari pengelolaan Dumas adalah : memberikan pelayanan cepat dan tanggap atas ketidakpuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan; meningkatkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan; meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan; dan mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang aparatur Kementerian Pertanian dalam memberikan pelayanan.

Dumas diklasifikasikan menjadi 2 meliputi : 1) Dumas berkadar pengawasan merupakan dumas yang berisi informasi berupa keluhan, kritik, sumbang saran dsb, sehingga bermanfaat bagi perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat; 2) Dumas berkadar pengawasan merupakan dumas yang isinya mengandung informasi atau adanya indikasi terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh aparatur pertanian sehingga mengakibatkan kerugian masyarakat dan negara.

  1. Prosedur Dumas
  2. Form Dumas Online
  3. unduh Form Dumas
  4. Tanda Terima Dumas

HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...