BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Pengaduan Masyarakat (Dumas)

Sebagaimana diatur dalam pasal 36 Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, perihal Pengelolaan Pengaduan bahwa penyelenggara pelayanan publik berkewajiban melaksanakan pengelolaan pengaduan masyarakat. Manfaat dari pengelolaan Dumas adalah : memberikan pelayanan cepat dan tanggap atas ketidakpuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan; meningkatkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan; meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan; dan mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang aparatur Kementerian Pertanian dalam memberikan pelayanan.

Dumas diklasifikasikan menjadi 2 meliputi : 1) Dumas berkadar pengawasan merupakan dumas yang berisi informasi berupa keluhan, kritik, sumbang saran dsb, sehingga bermanfaat bagi perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat; 2) Dumas berkadar pengawasan merupakan dumas yang isinya mengandung informasi atau adanya indikasi terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh aparatur pertanian sehingga mengakibatkan kerugian masyarakat dan negara.

  1. Prosedur Dumas
  2. Form Dumas Online
  3. unduh Form Dumas
  4. Tanda Terima Dumas