Inovasi Teknologi BBP Mektan mendukung Food Estate di Kalimantan Tengah

Inovasi Teknologi BBP Mektan mendukung Food Estate di Kalimantan Tengah

Blanti Siam, 24/09/2020. Pemerintah tengah berupaya mengembangkan kawasan lumbung pangan (food estate) di Provinsi Kalimantan Tengah. Sebagai tahap awal, pengembangan kawasan food estate ini dimulai pada Oktober 2020 di lahan rawa seluas 30.000 ha. Pengembangan kawasan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini bertujuan untuk mengembangkan kawasan tersebut sebagai pusat pertanian pangan, dan sebagai cadangan logistik strategis pertahanan negara. Bila suatu saat nanti, dalam kondisi tertentu bangsa kita kekurangan pasokan pangan, maka cadangan pangan yang sudah dikembangkan dan dipersiapkan di food estate Kalteng siap mendistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia. 

Mengapa program food estate ini menjadi penting, Selain negara kepulauan, Indonesia merupakan negara agraris dimana sebagian besar penduduknya menjadikan beras sebagai makanan pokok sehari-hari, walaupun dibeberapa wilayah Indonesia mengkonsumsi bahan pokok lainnya dalam pemenuhan kebutuhan sehari-harinya, jadi sewajarnya-lah pemerintah melalui beberapa Kementerian terkait berkolaborasi untuk mencukupi ketersediaan pangan dan keamanan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Kementerian Pertanian sebagai kementerian teknis yang bersinggungan langsung dengan kegiatan ini memiliki kewajiban moral dan tanggung jawab dipundaknya, namun hal itu tidak menjadikan ini sebagai beban yang mustahil untuk ditanggung, bahkan ini sebagai pelecut semangat insan pertanian untuk menunjukan bahwa dengan kondisi yang ada di wilayah tersebut bukan halangan untuk mewujudkan wilayah ini menjadi kawasan food estate yang dapat menjadi contoh keberhasilan bagi wilayah lainnya di Indonesia. 

Penerapan inovasi unggulan yang ada dan telah dihasilkan oleh Kementerian Pertanian menjadi salah satu kunci keberhasilan pencapaian program ini, pada beberapa kesempatan Menteri Pertanian Syahrul Yassin Limpo mengatakan “Penerapan Mekanisasi Pertanian, memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan ini, full mekanisasi itu menjadi suatu keharusan”. Melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) Badan Litbang Pertanian, penerapan teknologi hasil inovasi litbang mektan menjadi jawaban untuk penerapan teknologi yang tepat. 

Teknologi pengolahan lahan sampai pasca panen yang tersedia di BBP Mektan diterapkan dilokasi ini. Pompa Air Hybrid, Traktor Perahu, Drone Tebar Benih, Drone Penyemprot Pupuk dan Pestisida, Pompa Apung dan teknologi lainnya diharapkan menjadi solusi dalam mancapai keberhasilan program ini. (TS)

HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...