BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Pompa Air Sentrifugal Ap s100 Tingkatkan Efisiensi Pemakaian Pompa Air Dalam Budidaya Pertanian

Pompa Air Sentrifugal Ap s100

Pompa Sentrifugal adalah jenis pompa tekan dinamis yang mengubah energi mekanik kedalam energi hidrolik melalui aktivitas sentrifugal. Sedangkan prinsip kerja pompa tekan dinamis adalah dengan mengubah energi mekanis dari poros menjadi energi fluida, dan energi inilah yang menyebabkan pertambahan head tekanan, head kecepatan, dan head potensial pada fluida yang mengalir secar kontinyu. Prinsip kerja dari pompa sentrifugal ini yaitu Pompa digerakkan oleh motor, daya dari motor diberikan kepada poros pompa untuk memutar impeler yang dipasangkan pada poros tersebut. Zat cair yang ada dalam impeler akan ikut berputar karena dorongan sudu‐sudu.

Baca juga: Mesin Pompa Apung Inovasi Yang Menawarkan Fleksibilitas Untuk Petani

Faktor-faktor utama penentu kinerja dari sebuah pompa sentrifugal adalah disain impeler dan disain casingnya. Dalam mendisain sebuah impeler, diperlukan konstanta-konstanta disain yang secara langsung berhubungan dengan target total head dan debit pada titik pengoperasian terbaiknya. Penggunaan konstanta disain yang tepat untuk impeler dapat meminimalkan losses yang terjadi di impeler.

Prosentase losses di impeler mencapai 2% - 10% dari total debit yang dihasilkan pompa. Penurunan efisiensi yang diakibatkan oleh disefisiensi disain casing mencapai 4.7% Total head yang dihasilkan oleh sebuah impeler tergantung pada permukaan dari sudu dan tidak hanya tergantung pada besaran sudut keluaran impeler saja. Untuk mengurangi losses yang terjadi di impeler dapat dilakukan dengan cara memperhalus permukaan impeler dan mengatur sudut sudu-sudu impeler sehingga mengurangi friksi pada bagian permukaan dan belakang impeler

Baca juga: Mesin Tanam Bawang dan Pompa AP-S100 hybrid Ikut Meramaikan Agro Inovasi Fair 2017

Sedangkan losses pada mechanical seal dapat dikurangi dengan penggunaan seal yang lebih berkualitas dan pemasangan yang presisi.  Penggunaan mechanical seal yang berkualitas baik dapat mengurangi  kebocoran pada bagian-bagian yang berputar, sehingga menjadi hanya 10 cc/menit – 40 cc/menit.

Untuk meningkatkan unjuk kerja pompa irigasi sentrifugal buatan lokal, yang hanya mencapai efisiensi 45% – 65%, maka Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian melakukan perbaikan disain impeler dan casing dari pompa sentrifugal. Pabrikasi dilakukan bekerjasama dengan CV. Pabrik Mesin Guntur, Malang, sebagai salah satu produsen lokal pompa irigasi di Indonesia. Prototipe pompa yang dihasilkan adalah AP-S100 (Alsin Pompa Sentrifugal diameter 100 mm)..

Baca juga: Pemanfaatan Teknologi Pompa Air Irigasi Sentrifugal AP-S100 untuk Mendukung Budidaya Jagung (2006)

Prototipe pompa AP-S100 hasil disain BBP Mektan ini telah diuji di laboratorium uji pompa BBP Mektan Serpong dan di laboratorium uji pompa CV. Pabrik Mesin Guntur, Malang pada berbagai putaran poros spesifikasinya. Evaluasi terhadap prototipe pompa tesebut meliputi : debit, total head, daya poros dan efisiensi.

Hasil uji dan evaluasi dari prototipe pompa sentrifugal AP-S100 menunjukkan keunggulan terhadap pompa lokal yang ada dipasaran. Unjuk kerja pompa hasil rekayasa BBP Mektan ini mampu meningkatkan efisiensi sebesar 10.67% - 16.14%, debit 6.29% - 12.14 %, total head 12.08% – 34.86%. Efisiensi tertinggi yang mampu dicapai oleh pompa AP-S100 adalah 71.95 % pada putaran 2250 rpm. Debit dan total head yang dicapai pada efisiensi tertinggi masing-masing adalah 1.69 m3/mnt dan 21.16 m. Untuk mencapai efisiensi maksimal tersebut pompa AP-S100 hanya memerlukan daya poros sebesar 8.06 kW. Pompa AP-S100 ini hanya memiliki bobot total sebesar 28 kg, dengan dimensi panjang, lebar dan tinggi masing-masing adalah 388.49 mm, 274 mm dan 275.89 mm.

Baca juga: Pompa Sentrifugal AP S100

Pompa AP-S100 ini digunakan untuk irigasi maupun drainase di lahan pertanian, serta memiliki impeller dan casing dengan disain yang berbeda dari pompa yang ada dipasaran. (SU/Wira)