BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Autonomous Traktor Teknologi BBP Mektan Tampil pada Pameran ISE 2018

Autonomous Traktor Teknologi BBP Mektan Tampil pada Pameran ISE 2018

Serpong, 2/11/2018. BBP Mektan tergabung dalam stand Badan Litbang Pertanian berpartisipasi dalam kegiatan pameran Indonesia Science Expo (ISE) 2018, dengan menampilkan teknologi terbaru Autonomus Tractor yaitu teknologi tractor yang dapat dioperasikan tanpa awak. 

Baca juga: Autonomous Tractor Inovasi Teknologi Mekanisasi Pertanian Modern Mendukung Revolusi Industri 4.0

Autonomus tractor ini dapat berfungsi untuk  mengolah tanah dengan menggunakan Traktor Roda  4 dengan system kemudi yang dapat dikendalikan secara otomatis. Traktor otonom ini dapat melakukan pengolahan lahan sesuai dengan peta perencanaan dengan akurasi                 5-25 cm. Sistem navigasi yang digunakan GPS berbasis Real Time Kinematika (RTK). Sistem kontrol pada traktor terdiri atas pengendalian stir, gas, gear, rem dan kopling. Sedangkan untuk aplikasi pengolahan lahan digunakan pengendalian implemen dan PTO. 

Baca juga: Autonomous Tractor Hadir Dalam Gelar Inovasi Teknologi

ISE kali ini merupakan tahun ke-3, yang dilaksanakan di Indonesia Convention Exchibition (ICE) BSD. ISE berlangsung selama 4 hari dari tanggal 1-4 Nopember 2018, dengan tema Celebration Science and Innovation. 

Presiden Joko Widodo dalam pembukaan menyampaikan bahwa ketidakmungkinan dan keterbatasan bisa diterobos oleh ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi. Dengan teknologi juga akan membawa Indonesia tetap mampu berjalan beriringan dengan  negara maju di dunia ini, tambahnya. 

Baca juga: BBP Mektan Launching Teknologi Terbaru Jajar Legowo Riding Transplanter

Lembaga penelitian pada masa sekarang adalah pusat untuk menjadikan eksistensi Indonesia di luar sana. Oleh karena itu maka setiap Lembaga penelitian termasuk LIPI harus bekerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri  untuk terus mengembangkan teknologi yang bermanfaat guna mendukung kemajuan dan kemandirian bangsa. (SU)