BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Teknologi Unggulan Balitbangtan Hadir Lagi Di Agro Inovasi Fair 2018 

Teknologi Unggulan Balitbangtan Hadir Lagi Di Agro Inovasi Fair 2018 

Bogor, 8/11/2018. Agro Inovasi  Fair (AIF) on the spot hadir lagi di penghujung tahun 2018. Kegiatan ini menampilkan berbagai inovasi teknologi Balitbangtan hasil invensi peneliti dan perekayasa Balitbangtan.

AIF kali bersinergi dengan kegiatan Pangan Lokal Fiesta serta Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional Peragi, yang dilaksanakan di kawasan Agro Science Techno Park (BASTP), Bogor, pada tanggal 7-9 November 2018.

Baca juga: Agro Inovasi Fair 2018: Percepat Invensi menuju Inovasi

Peserta Expo AIF diikuti oleh UK/UPT Balitbangtan, TTP Cigombong serta tenant inkubator teknologi Balitbangtan, seperti yoghurt probiotik, mie cokelat, jus ubi ungu - orange serta es krim ubi ungu, dan olahan Ayam KUB. Selain itu, Expo AIF juga menampilkan aneka varietas krisan yang dibudidayakan oleh tenant inkubator serta anggrek hasil pemuliaan Balithi, serta pertanian perkotaan berupa teknologi microgreen dan vertiminaponik.

Baca juga: Mesin Tanam Bawang dan Pompa AP-S100 hybrid Ikut Meramaikan Agro Inovasi Fair 2017

Expo ini juga sangat menarik pertanian anak-anak dengan adanya edukasi pertanian usia dini untuk anak SD. Selain mendapatkan pengetahuan mengenai tanaman cabai, mereka juga paktek langsung bagaimana menanam cabai di polibag.

Baca juga: Agro Inovasi Fair 2016 : Sarana Promosi Hasil Inovasi Balitbangtan

Selain edukasi pertanian, anak-anak juga juga diberi wawasan tentang teknologi terbaru autonomus tractor hasil perekayasaan BBP Mektan. Teknologi ini dapat dioperasikan dengan menggunakan program tanpa harus ada operator di atas tractor. Teknologi ini cukup menarik perhatian anak-anak, diharapkan dengan pengetahuan mereka tentang teknologi pertanian, pada akhirnya dapat menumbuhkan inspirasi mereka setelah dewasa, untuk tertarik dan mengembangan pertanian di Indonesia. (SU)