BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Bogor 13/11/2015. Perkembangan teknologi informasi dimasa kini, mendorong dan menuntut seluruh sumberdaya yang ada di setiap unit kerja untuk lebih digiatkan lagi. Dalam sambutannya Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. M. Syakir di acara pembukaan Apresiasi dan Sosialisasi Peraturan Kepustakawanan dan Workshop Evaluasi Pengelolaan IAARD E-Journal mengatakan “Pustaka dan e-jurnal merupakan pilar Balitbangtan dalam upaya akselerasi penyebaran hasil Inovasi Teknologi Balitbangtan dari sisi penjawantahan dan pemaparan sisi Scientific Content dari suatu hasil inovasi teknologi Balitbangtan, yang didukung oleh teknologi informasi, hal ini dilakukan untuk mengasah kemampuan Scientific Knowledge para peneliti dan perekayasa yang ada di Balitbangtan.”

Lebih lanjut Kepala Badan Litbang Pertanian mengatakan “dalam upaya mendiseminasikan hasil teknologi Balitbangtan di era berkembangnya Teknologi Informasi sekarang ini pendekatan-pendekatan konvensional harus segera dirubah ke pendekatan-pendekatan teknologi, hal ini agar kita dapat mengikuti perkembangan-perkembangan teknologi yang ada dan terbarukan”. 
Menutup sambutannya Kepala Balitbangtan mengatakan “perpustakaan sebagai suporting system penyebaran informasi teknologi hasil penelitian/perekayasaan Balitbangtan dengan Pustakawan sebagai motor penggeraknya dan pengelola E-Jurnal yang ada di setiap UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian harus dapat membangun suatu Kolaborasi konstruktif untuk mencapai tujuan bersama dalam hal ini diseminasi teknologi hasil Litbang Pertanian dapat terekam dengan baik dan dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan informasi mengenai perkembangan pertanian di Indonesia”.

Workshop yang diselenggarakan selama 2 hari, tanggal 11-
12 Nopember 2015 di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Bogor, diikuti oleh para penanggung jawab perpustakaan dan pengelola e-Jurnal yang ada di UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian dengan narasumber yang berkompeten dibidang pengelolaan jurnal dan perpustakaan baik skala nasional maupun internasional. (ts)