BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

ABSTRAK

Banyaknya penggunaan bahan pengawet formalin pada produk makanan dewasa ini sangat meresahkan masyarakat karena dapat membahayakan kesehatan. Bahan pengganti pengawet makanan berupa asap cair masih sulit dijumpai di pasaran meskipun harga cukup menjanjikan (Rp 6000/liter). Pemanfaatan asap cair lebih aman terhadap kesehatan dan dapat menghemat 50% dibandingkan penggunaan bahan pengawet formalin.  Asap cair mengandung senyawa asam, fenolat dan karbonil yang merupakan zat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Kegunaan asap cair antara lain adalah (a) untuk mengawetkan daging, ikan, tahu dan mie; (b) untuk menambah citarasa saus sup, sayuran dalam kaleng, bumbu dan rempah-rempah.
Pemanfaatan biomasa (bertekstur keras) yang merupakan limbah dapat diproses menjadi asap cair. Asap cair merupakan bahan alternatif pengganti pengawet formalin secara ekonomi dapat memberikan nilai tambah dan mengatasi pencemaran lingkungan. Salah satu cara konversi asap pembakaran biomasa menjadi asap cair adalah metode pirolisis dan penyulingan. Kondensasi asap hasil pembakaran biomasa akan menghasilkan asap cair.
BBP Mekanisasi Pertanian mengembangkan unit pemroses asap cair untuk skala industri kecil/menengah dengan teknologi yang lebih sederhana, terintegrasi dengan industri penghasil limbah biomasa sebagai bahan baku asap cair. Serta dengan memanfaatkan energi secara optimal dengan cara bertingkat (cascade). Untuk mempercepat akselerasi penggunaan teknologi asap cair di masyarakat dan menjawab kebutuhan bahan pengawet makanan pengganti formalin yang aman bagi kesehatan. Sasaran produksi asap cair ini adalah industri makanan dan industri lainnya. Produk samping lain dapat berupa arang/ arang aktif. Bahan baku pembuatan asap cair ini yaitu limbah biomasa berupa tempurung kelapa, tempurung kelapa sawit dan limbah kayu bertekstur keras. Oleh karena itu, untuk memenuhi permintaan konsumen asap cair berkualitas tinggi telah dirancang prototipe mesin pirolisis dan destiller kapasitas. Uji fungsional prototipe mesin pirolisis kapasitas 50 kg dan destiller kapasitas 20 liter menunjukkan bahwa mesin dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Kata Kunci:  asap cair (liquid smoke), pirolisa,destilasi, biomasa, bahan pengawet makanan alami.