BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Serpong, 6/02/2019. Mengawali tahun 2019 Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) melaksanakan pertemuan dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan penelitian dan kerekayasaan inovasi teknologi pertanian DIPA TA. 2019.

Acara diawali dengan presentasi dari masing-masing penanggung jawab kegiatan serta dihadiri oleh penanggung jawab kegiatan, pejabat eselon II dan IV, tim monitoring dan evaluasi, perekayasan, dan coordinator teknisi litkayasa di ruang auditorium BBP Mektan.

Baca juga: Evaluasi Progress Kegiatan Melalui Seminar Tengah Tahun

Anjar Suprapto, Kepala Bidang Program dan Evaluasi, mewakili Plt. Kepala BBP Mektan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk pemantapan kegiatan tahun 2019 lingkup BBP Mektan. Selain kegiatan internal, BBP Mektan juga berperan aktif dalam program Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendukung program SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani), OPAL (Obor Pangan Lestari), serta BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera). Oleh karena itu hasil-hasil penelitian dan kerekayasaan BBP Mektan diharapkan dapat mendukung program dari Kementan tersebut, sesuai target yang telah ditetapkan.

Baca juga: Seminar Akhir Tahun Kegiatan BBP Mektan

Agenda lainnya yang tak kalah pentingnya adalah adanya rencana pembangunan Pusat Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) di kawasan BBP Mektan serta adanya Badan Layanan Umum (BLU) di BBP Mektan. Hal ini perlu koordinasi dan kolaborasi bagi semua pihak, baik internal BBP Mektan dan pihak terkait lainnya, tambahnya.

Kegiatan lain selain presentasi dari penanggung jawab kegiatan, juga sekaligus dibahas dan menentukan anggota tim kegiatan yang terdiri dari perekayasa dan teknisi litkayasa agar kegiatan dapat berjalan.

Baca juga: Seminar Hasil Kegiatan Utama Tahun 2017 BBP Mektan

Acara ini diahkiri dengan diskusi dan tanya jawab tentang persiapan pelaksanaan kegiatan TA. 2019.

Adapun kedelapan judul kegiatan yang dipresentasikan oleh masing-masing penanggung jawab kegiatan meliputi Pengembangan Traktor Otomatis (Dr. Sigit Triwahyudi, M.Si.); Pengembangan Alsintan Pendukung Budidaya Pajale pada Lahan Kering ( Joko Wiyono, STP., M.Si.); Pengembangan Implement Direct Seeder Lahan Sawah (Dr. Joko Pitoyo, M.Si.); Pengembangan Model Smart Irigasi (Dr. Harsono, MP.); Pengembangan Model Aplikasi Pelayanan Jasa Alsintan (Dr. Agung Prabowo, M.Eng.); Pengembangan Mesin Sambung Pucuk Bibit Tanaman Keras (Dr. Astu Undai, M.Eng.); Pengembangan Mesin Budidaya Padi Lahan Rawa (Dr. FX. Lilik Tri Mulyantara, M.Si.); Pengembangan Kandang Ternak Sapi Modern (Dr. Abi Prabowo, MS.).(py)