BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Serpong, 1/2/2019. Lembaga Penerbangan  dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam upaya mengaplikasikan teknologi yang telah dihasilkan, mengadakan penjajakan kerjasama dengan BBP Mektan, khususnya kerjasama teknis perancangan pesawat tanpa awak yang dapat diaplikasi untuk pertanian.

Baca juga: Kementan Dan Pemerintah Austria Menjalin Penjajakan Kerjasama Teknologi Mekanisasi Pertanian

Tim dari LAPAN, sebanyak 4 (empat ) orang disambut oleh Agung Probowo, Kepala Bidang Kerjasama Pendayagunaan Hasil Perekayasaan dan Pengujian (KSPHP) BBP Mektan yang merespon positif dari maksud kunjungan ini. Saat ini BBP Mektan juga telah mengembangkan drone untuk pertanian (pemupukan dan penebar benih), namun masih banyak mengalami kendala, semoga dengan penjajakan kerjasama ini dapat diwujudkan dalam kerjasama pengembangan lebih lanjut tentang pemnfaatan drone untuk pertanian, tambahnya.

Baca juga: BBP Mektan Jalin Kerjasama dengan Sekolah Vokasi UNDIP Dukung Tri Dharma Perguruan Tinggi

Hadir dalam pertemuan ini pejabat eselon 3 dan 4, serta perekayasa yang penelitiannya terkait pengembangan drone untuk pertanian.

Atik Bintoro, Ketua dari Tim LAPAN menyampaikan bahwa saat ini LAPAN telah menghasilkan berbagai hasil penelitian khususnya pesawat tanpa awak namun dalam pemanfaatannya perlu sinergi dan riset pengembangan lintas sektoral/ kementerian. Sehubungan dengan hal tersebut LAPAN mencoba menjajaki kerjasama tersebut dengan Kementan, khususnya Balai Besar Pengembangan Meknaisasi Pertanian (BBP Mektan) agar dapat dimanfaatkan dalam sektor pertanian.

Baca juga: Penjajakan Kerjasama Teknologi Konversi

Beberapa poin dari hasil penjajakan kerjasama ini meliputi : pengembangan drone untuk penebar pupuk cair, pengembangan drone untuk sebar benih, pesawat tanpa awak untuk mengukur daya sanggah tanah, serta pesawat tanpa awak untuk mengusir hama burung.

Hasil dari pertemuan ini selanjutnya akan diadakan pembicaraan lebih lanjut untuk merealisasikan kerjasama ke depan. (SU)