BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Serpong (27/01/2019). Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) menerima kunjungan santriwan dan santriwati dari TPQ Nurul Ulum Komplek BPA Serpong. Sekitar 100 santri dari TPQ Nurul Ulum hadir di BBP Mektan untuk tadabbur alam belajar mekanisasi pertanian untuk menjadi santri tani milenial. 

Santri milenial adalah generasi bangsa penerus keberlanjutan pembangunan pertanian Indonesia. Hal ini sejalan dengan program santri pertanian milenial yang digagas oleh Menteri Pertanian dalam rangka gerakan pembangunan SDM pertanian menuju lumbung pangan dunia 2045. 

Rombongan santriwan dan santriwati diterima oleh Kepala Bagian Tata Usaha BBP Mektan Suphendi, dalam sambutannya mengatakan santri tani milenial adalah penerus masa depan sektor pertanian, karenanya perlu dikenalkan dengan ilmu pertanian sejak usia dini. 

Ustad Rasban Yoyon, sebagai kepala rombongan juga menjelaskan mengapa BBP Mektan dipilih menjadi lokasi belajar pertanian, selain lokasinya yang dekat juga dikarenakan TPQ Nurul Ulum mempunyai kegiatan tadabbur alam bagi santriwan dan santriwati. Lebih singkatnya para santri yang masih kecil dan belum mengenal dunia pertanian ini, diharapkan dapat belajar tentang pertanian di BBP Mektan ini. 

Setelah mendengarkan penjelasan dari Kepala Bagian Tata Usaha, para santri diajak keliling ke Galeri Mekanisasi Pertanian untuk melihat dan dikenalkan alat dan mesin pertanian hasil rekayasa BBP Mektan. Selain itu santri-santri juga diajarkan cara budidaya tanaman hortikultura dengan sistem hidroponik. 

Pada akhirnya dengan adanya kegiatan tadabbur alam di BBP Mektan ini diharapkan dapat memicu kecintaan santriwan dan santriwati TPQ Nurul Ulum untuk lebih mencintai pertanian khususnya bidang alat dan mesin pertanian. (Wira)