BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Serpong, 22/01/2019. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah saat ini sedang melihat perkembangan pemasaran hasil dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berupa komponen otomotif untuk industri otomotif mengalami persaingan yang cukup alot. Seperti Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang menggunakan komponen lokal namun masih juga mengimpor komponen otomotif dari industri kecil menengah (IKM) luar negeri, sehingga hal tersebut yang membuat UKM dalam negeri sulit untuk mengembangkan pemasaran produknya. 

Baca juga: Kementan Dan Pemerintah Austria Menjalin Penjajakan Kerjasama Teknologi Mekanisasi Pertanian

Oleh sebab itu, agar UKM dapat terus berlanjut berproduksi dan berkembang, maka diperlukan langkah-langkah strategis dan upaya yang terencana, terpadu antar lintas sektor, bertahap dan berkesinambungan. Salah satunya dengan mendorong diversifikasi produk untuk alat dan mesin pertanian. Dalam hal ini diperlukan rintisan kerjasama dengan berbagai pihak serta informasi tentang alat dan mesin pertanian yang diperlukan di dalam negeri saat ini. Oleh sebab itu BBP Mektan dinilai dapat memenuhi hal tersebut dan tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan kerjasama mengenai hak paten produk. 

Baca juga: BBP Mektan Jalin Kerjasama dengan Sekolah Vokasi UNDIP Dukung Tri Dharma Perguruan Tinggi

Hal ini disampaikan oleh Mamiek Rosilawati, Kepala Bidang Industri dan Manufakturing dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dalam sambutannya pada kunjungan ke Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) pada hari Selasa, 22 Januari 2019. Dalam kunjungan ini Mamiek Rosilawati didampingi Emil Harley dari Asosiasi Usaha Pendukung Industri (AUPI), serta Sekretaris Jenderal AUPI.

Baca juga: Penandatanganan Kerjasama Lisensi antara BBPMektan denganPT. Pro Solusi Perkasa

Kunjungan disambut oleh Agung Probowo, Kepala Bidang Kerjasama Pendayagunaan Hasil Perekayasaan dan Pengujian (KSPHP) BBP Mektan yang merespon positif dari maksud kunjungan ini, dan selanjutnya akan diadakan pembicaraan lanjut untuk penjajakan kerjasama lebih lanjut. 

Di akhir kunjungan, rombongan melihat alat dan mesin pertanian yang telah dihasilkan oleh BBP Mektan serta yang telah dilakukan kerjasama dengan mitra usaha dari beberapa produsen alat dan mesin pertanian. (PY)