BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Kepuasan masyarakat merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan keberhasilan suatu badan publik, karena masyarakat adalah konsumen dari produk atau layanan yang dihasilkannya.

Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu tuntutan dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi di lingkungan instansi pemerintah, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) secara rutin melakukan survey kepuasan masyarakat (SKM) untuk melihat aspek kepuasan masyarakat terutama mengenai kualitas layanan yang diberikan oleh BBP Mektan.

Baca juga: Sosialisasi PPID Tingkatkan Pemahaman Kinerja Pelayanan Publik

Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan.

Kepuasan masyarakat dapat juga dijadikan acuan bagi berhasil atau tidaknya pelaksanaan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga layanan publik.

Indeks  Kepuasan Masyarakat atau IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kualitatif dan kuantitatif atas pendapat masyarakat, dalam hal ini para stakeholder BBP Mektan dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggaraan pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Hal ini sejalan dengan amanat yang tertera pada UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana mekanisme survey berpedoman pada Peraturan Menteri  Pertanian Nomor 08/Permentan/OT.080/2/2018, tentang pedoman survey kepuasan masyarakat unit penyelenggara pelayanan publik di lingkungan Kementan.

Baca juga: Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap BBP Mektan Melalui IKM

Peningkatan kualitas pelayanan publik di BBP Mektan selalu dilakukan guna membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pelayanan publik dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menjadikan keluhan masyarakat sebagai sarana untuk melakukan perbaikan BBP Mektan sebagai unit pelayanan publik.

Pelaksanaan SKM di BBP Mektan dilaksanakan 2 kali dalam setahun, meliputi 3 layanan yaitu : layanan informasi dan konsultasi inovasi teknologi mektan; layanan perpustakaan; serta layanan pengujian alsintan. Unsur layanan  yang dinilai sesuai Permentan meliputi : peryaratan (U1); sistem mekanisme dan prosedur (U2), waktu penyelesaian (U3), biaya (U4), produk se=pesifikasi jenis layanan (U5), kompetensi pelaksanaan (U6), perilaku pelaksana (U7), penanganan pengaduan, saran dan masukan (U8), serta sarana dan prasarana (U9).

Baca juga: Rakor Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Lingkup BBP Mektan

Hasil survey tahun 2018 (semester 1 & 2) menunjukkan hasil nilai mutu layanan yang meningkat dari 83,44 naik menjadi 84,22 dengan kategori mutu layanan “BAIK”. Dari ketiga jenis layanan yang ada di BBP Mektan, maka jenis layanan Perpustakaan mempunyai nilai tertinggi, diikuti oleh layanan pengujian, dan yang terakhir layanan informasi dan konsultasi.

Sebagai tindak lanjut pengukuran ini, maka telah dilakukan evaluasi terhadap ketiga jenis  layanan tersebut, serta dicari unsur  layanan terendah/ mengalami penurunan dan segera dilakukan perbaikan agar unsur layanan tersebut bisa memenuhi standar atau mengalami peningkatan. Nilai unsur terendah dalam pelayanan adalah pada komponen “penanganan pengaduan, saran dan masukan (U8)”.

Beberapa hal yang akan dilakukan untuk memperbaiki  mutu layanan khususnya (U8), maka diambil langkah-langkah antara lain, prosedur & sarana pengaduan akan lebih disosialisasikan dan ditempatkan pada tempat yang strategis, serta meningkatkan kapasitas petugas layanan terutama dalam menangani pengaduan agar lebih responsive dan tanggap sesuai peraturan yang ada.

Hasil penilaian IKM tahun 2018 secara lengkap dapat dilihat seperti pada gambar berikut.

Baca juga: Pentingnya Komitmen dan Kerjasama Dalam Pelayanan Publik

 

Terima kasih atas penilaian yang diberikan kepada pelayanan yang ada di BBP Mektan, saran dan masukan Anda sangat bermanfaat bagi unit kerja kami agar terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. (Wira)