BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Serpong, 16/01/2019. Praktek fleksibilitas tata kelola keuangan telah lama berkembang di manca negara berupa upaya peng-agenan (agencification) aktivitas yang tidak harus dilakukan oleh lembaga Birokrasi murni, tetapi diselenggarakan oleh instansi yang dikelola ala bisnis (business like) sehingga pemberian layanan kepada masyarakat menjadi lebih efisien dan efektif. Sistem tata kelola keuangan yang berbasis otonomi dan fleksibilitas ini akhirnya di terjemahkan menjadi Badan Layanan Umum (BLU) atau Public Servis Agency  (PSA)

Baca juga: Sosialisasi Pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) di BBP Mektan

Dengan lahirnya BLU diharapkan akan ada independensi dan fleksibilitas tata kelola keuangan namun tetap menonjolkan produktivitas, efisiensi dan efektifitas. Roh BLU adalah Satker yang diberi fleksibilitas oleh negara untuk berkembang lebih cepat, serta mampu mengelola keuangan dan kegiatan dengan baik karena sudah membuat RBA (Rencana Bisnis Anggaran) terlebih dahulu. 

Apa saja dokumen awal yang harus dipersiapan untuk siap menjad BLU? Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan, meliputi Standar Pelayanan Minimum (SPM), Pola tata Kelola dan rencana Strategis (Renstra). Selain persyaratan tersebut, ada hal penting yang harus dipenuhi yaitu pendapatan PNBP Satker minimal 15 Milyar per tahunnya dengan asumsi instansi tersebut dapat memenuhi kebutuhan biaya operasional pegawainya sendiri. 

Baca juga: BBP Mektan Gelar Sosialisasi Penilaian Risiko Dan Penyusunan Rencana Tindak Pengendalian

Untuk memenuhi persyaratan pendapatan minimal tersebut, perlu langkah-lahkah strategis dan upaya yang optimal dari semua jajaran BBP Mekanisasi Pertanian guna mencari peluang bisnis dari berbagai layanan yang bisa ditawarkan kepada pihak luar/pihak ke tiga, dengan memanfaatakan sarana dan prasarana yang ada di BBP Mekanisasi Pertanian, jelas Suphendi, Kepala Bagian Tata Usaha BBP Mekanisasi Pertanian, dalam rapat persiapan penyusunan dokumen BLU di BBP Mekanisasi Pertanian (16/01/2019). Diharapkan dengan upaya tersebut kita mampu menghasilkan pendapatan (PNBP) sesuai target yang telah kita tetapkan, tambahnya. 

Baca juga: Sosialisasi Reformasi Birokrasi (RB) Kementerian Pertanian di BBP Mektan

Untk persiapan menjadi BLU, BBP Mekanisasi Pertanian telah mempersiapkan langkah-langkah strategis meliputi : membentuk Tim internal untuk persiapan perubahan status BBP Mekanisasi Pertanian menjadi BLU; Sosialisasi BLU dengan mengundang narasumber dari Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementan;  mengirimkan petugas untuk magang di Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari; serta menyusun dokumen-dokumen pendukung BLU. 

Kenapa instansi pemerintah didorong menjadi BLU sangat penting, hal ini disebabkan karena adanya faslitas negara yang tidak termanfaatkan dan terpelihara dengan baik, sumber dana APBN yang semakin menipis, serta untuk meningkatkan kapasitas SDM yang kompeten dan professional, leadership serta manajemen yang handal. 

Baca juga: Sosialisasi PPID Tingkatkan Pemahaman Kinerja Pelayanan Publik

Dengan adanya fasilitas dan sarana yang lengkap, lokasi yang strategis, layanan yang prosesional dan banyak dibutuhkan masyarakat, serta SDM yang handal, BBP Mekanisasi Pertanian siap menjadi BLU, tanpa meninggalkan tugas dan fungsi BBP Mekanisasi Pertanian sebagai lembaga penelitian dan pengembangan teknologi mekanisasi pertanian. (SU)