BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) sebagai lembaga ekonomi pedesaan di bawah Gapoktan saat ini masih sangat relevan sebagai lembaga yang mengkoordinasikan kegiatan alsintan di lapangan. Namun demikian banyak kendala yang dihadapi UPJA saat ini diantaranya rendahnya kepemilikan lahan, kurangnya pendidikan dan keterampilan operator alsintan, kurang modal, serta belum efisien pengelolaan usaha tani.  

Belum optimalnya pemanfaatan tersebut bisa dilihat pada pengelolaan alsintan oleh poktan/gapoktan belum seluruhnya melalui UPJA dan cenderung pemanfaatan alsintan secara individu. Pengelolaan pemanfaatan alsintan dengan konsep brigade belum dilaksanakan sepenuhnya baik oleh Dinas Pertanian, Unit kerja Korem/Kodim maupun oleh UPJA dimana pemanfaatan alsintan belum menggerakkan semua alsintan di masing-masing wilayah secara serempak.  

Baca juga: Tingkatan Kinerja UPJA Dengan Penerapan Pertanian Modern

Guna mengatasi kendala yang dihadapi UPJA, saat ini hadir aplikasi UPJA Smart Mobile hasil inovasi Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), yang telah dilaunching akhir tahun 2018 yang lalu. Aplikasi berbasis android ini dapat gunakan untuk membantu mengoptimalkan pemanfaatan alsintan di tingkat pedesaan. 

UPJA Smart Mobile adalah aplikasi android yang digunakan untuk melakukan usaha jasa pengolahan tanah, jasa irigasi, jasa penanaman padi, jasa panen padi, jasa penggilingan padi, jasa jual benih, jasa jual gabah, jasa pelatihan untuk operator alsintan, perawatan dan perbaikan alsintan, serta jasa penjualan suku cadang alsintan. 

Baca juga: UPJA Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Usahatani

Kegunaan utama aplikasi UPJA Smart Mobile ini adalah meningkatkan efisiensi jasa penyewaan alsintan di UPJA melalui proses penyewaan dengan cepat, memberikan informasi harga sewa, spesifikasi alsintan, jasa penggilingan padi, jual benih, jasa pelatihan, jual spare part.

Selain itu Keunggulan aplikasi UPJA berbasis android ini memudahkan pelanggan mendapat informasi yang lengkap mengenai alsintan dan tidak perlu datang ke tempat pengelola UPJA. Kemudahan lainnya pelanggan mendapatkan informasi harga yang jelas dalam aplikasi UPJA Smart Mobile ini.

Baca juga: Berkunjung ke BBP Mektan untuk menambah wawasan bagi petugas Pembina UPJA Propinsi Jawa Tengah.

Untuk mendapatkan aplikasi UPJA Smart Mobile ini caranya sangat mudah karena aplikasi ini sudah tersedia pada google playstore atau dapat mengakses link https://play.google.com/store/apps/details?id=id.upja.application.

Aplikasi UPJA Smart Mobile saat ini masih dalam proses uji coba dan akan diterapkan pada beberapa lokasi th 2019 ini. Selanjutnya aplikasi akan selalu dilakukan Pembaharuan System,
dan Tampilan disempurnakan untuk membantu UPJA dalam mengoptimalkan pemanfaatan alsintan. (Wira)