BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) baru saja melaunching aplikasi pelayanan pengujian alat dan mesin pertanian (alsintan) berbasis android pada akhir tahun 2018 yang lalu. Aplikasi ini diberi nama SAPA Mektan.

SAPA Mektan adalah aplikasi pelayanan pengujian alat mesin pertanian berbasis android yang digunakan untuk memberikan kemudahan layanan administrasi pengujian alat dan mesin pertanian di BBP Mektan. Aplikasi ini juga akan mempermudah pelanggan pengujian alsintan untuk mendapatkan informasi tentang prosedur layanan pengujian dan melakukan permohonan pengujian secara online.

Baca juga: Launching Inovasi teknologi Mekanisasi Pertanian Modern Mendukung Revolusi Industri 4.0

Selain itu, dengan SAPA Mektan akan mempercepat pemohon uji untuk mengajukan permohonan uji, dan pemohon uji juga dapat memonitor setiap progress dari setiap tahapan pengujian.

Permohonan pengujian alsintan yang dapat dilayanani oleh BBP Mektan melalui aplikasi SAPA Mektan ini meliputi : pengujian traktor roda 2 dan traktor roda 4, pengujian pompa irigasi, pengujian alsintan panen, pasca panen dan pengolahan hasil dan pengujian sprayer.

Baca juga: Tingkatan Kinerja UPJA Dengan Penerapan Pertanian Modern

Untuk mendapatkan aplikasi pelayanan pengujian atau SAPA Mektan ini caranya sangat mudah karena aplikasi ini sudah tersedia di google playstore. Jika kesulitan anda dapat mengakses melalu link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=bpp.penguji.lab.alsintan

Berikut beberapa kemudahan yang bisa didapat dari permohonan pengujian alsintan menggunakan aplikasi SAPA Mektan:

1.Mempercepat Proses Pengajuan Pengujian Alsintan

Dengan menggunakan aplikasi SAPA Mektan ini dapat meningkatkan perfoma proses pengajuan pengujian alsintan karena sistem ini sudah terkomputerisasi. 

2.Dokumen Terkomputerisasi 

Ketika mengajukan permohonan pengujian alsintan maka diwajibkan melampirkan data dan mengirimkan ke sistem sehingga mempermudah penyimpanan dan pengambilan dokumen serta kelengkapan pengujian.

3.Dapat Membuat Pengajuan Dimana Saja 

Satu hal yang pasti dengan menggunakan aplikasi SAPA Mektan adalah bisa membuat pengajuan pengujian alsintan dimana saja dan dapat dilakukan secara online tanpa antri.

4.Pemberitahuan Progress Pengajuan 

Salah satu kemudahan lain yang hadir dalam aplikasi SAPA Mektan adalah ketersediaan notifikasi atau Pemberitahuan progress pengajuan pengujian secara online baik melalui web maupun android. Sehingga dengan kemudahan ini pemohon uji dapat memantau progres pengajuan pengujian sudah sampai tahap mana.

Baca juga: Tingkatkan Kinerja Unit Kerja dengan Penerapan Aplikasi e-KP

Untuk kemudahan dalam menemukan tarif pengujian alsintan, pemohon uji bisa lihat dalam aplikasi SAPA Mektan dengan menu tarif PNBP. Standar biaya belayanan pengujian alat dan mesin pertanian ini sesuai PP RI, No : 35 Tahun 2016, tentang Tarif PNBP yang berlaku di Kementerian Pertanian. 

Aplikasi SAPA Mektan saat ini masih dalam proses uji coba dan akan segera diterapkan tahun 2019 ini. Selanjutnya aplikasi akan selalu disempurnakan untuk meningkatkan kinerja layanan khususnya layanan pengujian alsintan di BBP Mektan. (Wira)