BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Serpong, (13/12/2018). Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) menggelar acara bertajuk Sosialisasi Pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) di Auditorium BBP Mektan, Serpong.

Sosialisasi ini dalam rangka untuk menampung aspirasi atau pendapat para pegawai di BBP Mektan tentang pengelolaan BLU.

Baca juga: BBP Mektan Gelar Sosialisasi Penilaian Risiko Dan Penyusunan Rencana Tindak Pengendalian

Acara dibuka oleh Kepala Plt. Kepala Balai Besar, Ismail Wahab. Dalam sambutannya menyampaikan gambaran umum pelaksanaan pembentukan BLU di BBP Mektan. “Rencana BBP Mektan dan tiga satker lainnya yaitu Balai Besar Padi, Balai Besar Pascapanen dan Balit Tanah akan menjadi pilot project BLU untuk lingkup Balitbangtan - Kementan” Ujar Ismail.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan tiga narasumber dari Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementerian Pertanian. Materi yang disampaikan adalah Kebijakan Penerapan Pola BLU, Mekanisme dan Prosedur Pembentukan Satuan Kerja BLU dan Kerjasama PNBP.

Baca juga: Sosialisasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi PublikSosialisasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik

Acara diakhiri dengan tanya jawab yang mampu menghidupkan suasana di antara seluruh peserta acara, sehingga peserta sosialisasi banyak bertanya terkait pelaksanaan pengelolaan keuangan BLU yang dapat diterapkan di BBP Mektan. Dari pelaksanaan sosialisasi ini, terdapat beberapa hal yang harus dicapai, dalam penerapan untuk menjadi satker BLU yaitu penyamaan persepsi bahwa tujuan BLU adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan, selama good governance dapat dijaga maka implementasi BLU tidak perlu dikhawatirkan dan meningkatkan pendapatan PNBP di BBP Mektan.

Baca juga: Sosialisasi PPID Tingkatkan Pemahaman Kinerja Pelayanan Publik

Acara ini diharapkan dapat memacu semangat pegawai untuk menerapkan dan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga BBP Mektan bisa menjadi satker BLU yang pertama di lingkup Balitbangtan - Kementan Pertanian. (Wira)