BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Serpong, 17/12/2018. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor secara resmi telah bertransformasi menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor dan merupakan institusi pendidikan tinggi vokasi yang bernaung dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian. "Transformasi ini merupakan upaya untuk regenerasi tenaga terampil di bidang pertanian yang punya semangat wirausaha atau socioagripreneur. Menjaga keberlanjutan pembangunan pertanian dengan menghasilkan sumberdaya manusia pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing," (Menteri Pertanian, 2018) 

Baca juga: Kerjasama BBP Mektan Dengan STPP Bogor Di Bidang Pendidikan Pertanian

Polbangtan juga akan menerapkan konsep pembelajaran yang lebih menekankan pada praktik melalui teaching factory atau farm teaching.  “Proses pembelajaran Polbangtan berorientasi untuk menghasilkan Wirausahawan Muda di bidang pertanian. Jadi 30 persen teori dan 70 persen praktik,” jelas Amran. Peserta didik diajak masuk ke lingkungan kerja sesungguhnya untuk menumbuhkan kemampuan kewirausahawan dan menghasilkan produk sesuai dengan tuntutan pasar atau konsumen.  

Tidak mudah untuk meningkatkan predikat dari STPP menjadi Politbangtan, banyak yang harus ditingkatkan dan dioptimalisasikan, namun hal itu bukanlah hal yang tidak mungkin dengan kerjasama dan penanganan yang baik dan professional hal tersebut dapat dilakukan. 

Baca juga: Transformasi Stpp Ke Politbangtan Gowa Untuk Hasilkan Sdm Profesional

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian merupakan salah satu unit kerja teknis dibawah Kementerian Pertanian didukung oleh tenaga-tenaga ahli dibidangnya turut serta mendampingi dan membimbing politbangtan ini untuk menjadi salah satu politbangtan unggulan di Indonesia dan menjadikannya sebagai salah satu tolok ukur pendidikan pertanian di Indonesia berbasis teknologi dan moderenisasi pertanian. 

Baca juga: Studi Banding ke Politeknik Manufaktur Negeri (POLMAN) Bandung dan Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Surakarta

Kepala POLBANGTAN Bogor dalam sambutannya dalam kegiatan kunjungan ke kantor Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian mengatakan bahwasannya “penerapan mekanisasi pertanian modern dalam kegiatan usaha tani pada decade sekarang ini menjadi jawaban dari kelangkaan SDM pertanian yan terjadi di negara kita, untuk itu penyediaan generasi muda pertanian harus terus dilakukan”. Dalam kegiatan kunjungan ini BBP Mekanisasi Pertanian sebagai salah satu induk mekanisasi pertanian diharapkan dapat mengakomodir dan selalu bekerja sama dengan POLBANGTAN yang ada di Indonesia. 

Baca juga: Kunjungan Studi Banding dari Politeknik Pertanian Yasanto (Yayasan Santo Antonius) Merauke

30 orang siswa dan siswi POLBANGTAN Bogor dengan didampingi oleh para dosen pembimbing pada kesempatan ini diterima oleh Kepala Bidang KSPHP Dr. Agung Prabowo beserta staff.  Semoga dengan kunjungan ini siswa dan siswi POLBANGTAN Bogor mendapat pencerahan dan harapan positif dalam mengemban tugas dan sebagai insan muda mekanisasi pertanian di Indonesia. (TS)