BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Serpong, 13/12/2018. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertaian Serpong (BBP Mektan) menerima kunjungan dari Tim Pengelola laboratorium Pengujian Balai Lingkungan Pertanian (Balingtan) Pati, Jawa Tengah.

Ketua tim Balingtan, Asep Kurnia, yang juga merupakan manager teknis Laboratorium pengujian Balingtan mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas dan  menambah wawasan tim pengelola laboratorium pengujian dalam hal pengelolaan laboratorium pengujian, serta mengetahui tentang teknologi terbaru yaitu “Smart Green House”. Laboratorium di Balingtan meliputi : Lab Gas Rumah Kaca, Lab Terpadu, serta Lab Residu Bahan Agrokimia. Walaupun jenis laboratoriumnya berbeda namun kami ingin mendapatkan berbagai sharing informasi tentang pengelolaan laboratorium, agar pengelolaan laboratorium kami bisa lebih baik lagi, tambahnya.

Baca juga: BBP Mektan Terima Kunjungan Studi Banding 5 UPJA Berprestasi

Kunjungan ini diterima oleh Kabag TU, Suphendi, yang dalam sambutannya menyatakan bahwa kami sangat berterima kasih telah dipercaya sebagai lokasi kunjungan study banding, kami tidak lebih baik dari Balingtan namun dengan kunjungan ini kita bisa sharing pengalaman saja tentang berbagai informasi khususnya pengelolaan laboratorium pengujian, agar pelayanan bisa lebih baik lagi. Pada kesempatan ini, Suphendi menjelaskan sekilas tentang tugas dan fungsi BBP Mektan, serta berbagai kegiatan yang ada di BBP Mektan termasuk didalamnya tentang pengelolaan TSEP.

Baca juga: Studi Banding ke Politeknik Manufaktur Negeri (POLMAN) Bandung dan Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Surakarta

Peserta kunjungan juga mendapatkan penjelasan tentang pengelolaan pengujian oleh Kasi Pengujian, M. Iqbal, yang dilanjutkan dengan melihat berbagai fasilitas laborarium pengujian serta fasilitas laboratorium lainnya, serta melihat secara langsung tentang teknologi smart green house yang telah dikembangkan oleh BBP Mektan. (SU)