BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Yogyakarta, 11/12/2018. Bantuan kerjasama teknik di bidang Pertanian antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Fiji merupakan salah satu bukti konkrit komitmen Indonesia untuk turut membantu pembangunan sesama negara berkembang. Langkah awal kerjasama tersebut Kementerian Pertanian memberikan bantuan 100 unit traktor tangan kepada Kementerian negara Fiji. Bantuan tersebut diserahkan Sekretaris Jenderal Kementan, Syukur Irwantoro kepada Permanent Secretary Kementerian Pertanian Fiji, pada pertemuan Bilateral di kantor Kementerian Pertanian, Maritim dan Perdesaan, serta Penanganan Bencana Nasional Fiji (1/11) yang lalu. 

Baca juga: Kementan Dan Pemerintah Austria Menjalin Penjajakan Kerjasama Teknologi Mekanisasi Pertanian

Bantuan traktor tangan tersebut diharapkan dapat membawa manfaat bagi modernisasi dan peningkatan kapasitas pertanian di Fiji. Keberhasilan Indonesia di bidang pertanian tidak lepas dari pengenalan dan penerapan mekanisasi pertanian, sehingga mampu mencukupi kebutuhan konsumsi pangan di dalam negeri dan bahkan melakukan ekspor ke sejumlah negara tetangga. 

Kementerian Pertanian siap mendukung program modernisasi sektor pertanian di Fiji. Secara umum, kerja sama bidang pertanian RI-Fiji telah disepakati bersama meliputi: pertama; dukungan pengembangan alsintan yang disertai dengan pelatihan bagi pemuda petani di Fiji dalam pengoperasian, perawatan dan perbaikan, serta pengembangan workshop untuk perbaikan dan perawatan alsintan. Kedua, dukungan pengembangan benih/bibit unggul untuk peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan dan peternakan. Ketiga, dukungan untuk capacity building bagi petani dan petugas pertanian Fiji melalui kegiatan pelatihan di Indonesia atau pengiriman tenaga pelatih Indonesia untuk melaksanakan pelatihan di Fiji, Keempat, dukungan pengembangan lembaga riset di Fiji yang meliputi lembaga riset pasca panen, mekanisasi, benih/bibit, pengendalian hama, kultur jaringan, dan kimia tanah. 

Baca juga: Training Of Trainer tindak lanjut kerjasama lisensi BBP Mektan dan PT. Pindad

Agricultural Mechanization Training Program Indonesia – Fiji 2018 yang dilaksanakan dari tanggal 10-17 Desember 2018 menjadi jawaban keseriusan pemerintah Indonesia dalam manangani kerjasama ini. Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) bekerjasama dengan NAM CSSTC dan CV. KHS menyelenggarakan pelatihan bagi petugas dan operator mekanisasi pertanian Fiji, pelatihan teknis yang dilaksanakan di kantor pusat CV. KHS Yogyakarta ini menitik beratkan pada pengenalan, service and maintenance traktor roda dua G1000 BOXER yang diperbantukan. 

Baca juga: Tindak Lanjut Kerjasama Antara Balitbangtan Dengan Shizuoka Seiki (Ss) Co. Di Bidang Rice Post Harvester Technology

Raut ceria terpancar di wajah para peserta pelatihan ini, obrolan singkat dengan salah satu peserta pelatihan ini Mr. Ramazi yang dari umur 16 tahun telah menjadi operator alat dan mesin pertanian di Fiji, mengatakan pelatihan ini sangat penting baginya semenjak bantuan traktor roda dua dari Pemerintah Indonesia datang ke Fiji menjadi penyemangat baru baginya untuk membangun pertanian di negaranya, di usia 44 tahunnya ia masih nampak bersemangat mengikuti pelatihan ini hingga akhir jam pembelajaran, terakhir dia mengatakan keinginannya untuk memajukan pertanian di Fiji seperti pertanian di Indonesia. 

Baca juga: Kunjungan Misi Kerjasama Teknik Bidang Agroenergi Colombia ke BBPMektan

Pelatihan dengan metode Trainee of Trainers ini merupakan penjawantahan poin ketiga dari perjanjian teknis antara Kementerian Pertanian Indonesia dan Kementerian Pertanian Fiji. Dengan pengharapan peserta pelatihan ini dapat menularkan ilmu dan pengetahuan serta pengalaman selama mengikuti pelatihan ini kepada petani di Fiji. (TS)