BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Setiap tahun, jumlah petani semakin berkurang begitupun luasan lahannya. Untuk mengatasi hal tersebut Dinas Pertanian Provinsi Maluku dan Kabupaten Morowali bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) menyelenggarakan "Pelatihan Pengoperasian, Perawatan dan Troubleshooting Traktor Roda 4", di BBP Mektan, pada Kamis (8/11/2018).

Baca juga: Pelatihan Alsintan Mendukung Pertanian Berbasis Mekanisasi

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Perekayasaan (KSPHP) BBP Mektan, Agung Prabowo yang didampingi Perekayasa BBP Mektan Muhammad hidayat sebagai narasumber. 

Dalam sambutannya Agung Prabowo,  mengatakan bahwa BBP Mektan siap melaksanakan pelatihan alsintan karena mempunyai Taman Sains Enjiniring Pertanian (TSEP) yang memiliki tugas dan fungsi khusus dalam bidang inkubasi. "Satandart Pelatihan alsintan untuk sampai mumpuni dalam cara pengoperasian, perawatan dan penangan kendala di lapangan (troubleshooting) minimal dilaksanakan 2 minggu full" tambah agung.

Baca juga: Optimalkan Bantuan Alsintan Dengan Kegiatan  Pelatihan Alsintan

Praktek pengoprasian, perawatan dan trobleshooting traktor roda 4 dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 8 - 9 November 2018, diikuti sebanyak 15 perserta pelatihan, terdiri dari 10 oorang perwakilan UPJA dari Kabupaten Morowali, dan 5 orang perwakilan dari Dinas Pertanian Maluku.

Baca juga: Pelatihan Budidaya Bawang Merah secara Mekanis Mendukung Program TSEP BBP Mektan

Diharapkan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan ketrampilan Kelompok Tani dan Usaha Pengelolaan Jasa Alsintan (UPJA) di Provinsi Maluku dan Kabupaten Morowali, sehingga dapat memanfaatkan Traktor Roda 4 untuk mengolah lahan secara efektif dan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu yang terlatih dalam hal mekanisasi. (Wira)