BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Kementerian Pertanian telah mencanangkan berbagai program untuk mendukung keberhasil program pemerintah, diantaranya adalah teknologi inovasi pertanian, namun dalam prosesnya penyebaraluasan informasi teknologi inovasi pertanian belum maksimal. Untuk itu perlu strategi agar teknologi inovasi pertanian yang dihasilkan tersebut dapat diterima oleh masyarakat serta stakeholder lainya.
 
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (Pustaka), sebagai salah satu pusat penyebaran informasi teknologi inovasi pertanian telah melakukan berbagai promosi inovasi pertanian salah satu media penyebaran informasi teknologi inovasi pertanian adalah dalam bentuk video kreatif yang dipublikasikan di Media Sosial (Medsos) seperti Youtube, Facebook, Instagram dan twitter. Sebagai upaya menghasilkan materi penyebaran informasi teknologi pertanian dalam bentuk video yang dikemas secara menarik dan mudah dimengerti oleh masyarakat, Pustaka menyelenggarakan workshop pembuatan video melalui ponsel pada tanggal 5-7 November 2018 di Hotel Bumi Wiyata Depok.
 
 
Medan tempur Kementerian Pertanian ada 2 selain di lapangan adalah di media sosial. "Medsos sebagai indikator umum untuk masyarakat dalam menilai kinerja Kementerian Pertanian di era industri 4.0 harus mengoptimalkan peran medsos". ujar Plt. Kepala Pustaka, Abdul Basit, dalam sambutannya di Hotel Bumi Wiyata, Depok, pada Senin (5/11/2018).  
 
Penyerabaran informasi melalui media cetak relatif lambat dalam penyampain informasi kepada masyarakat, tetapi dengan medsos informasi dengan cepat sampai kepada masyarakat bisa melalui facebook, instragram, twitter, maupun youtube. "Peran teknologi menjadi sangat dominan untuk kemajuan pertanian di Indonesia sehingga sumber daya alam yang ada dapat dioptimalkan, dari segi pengolahan lahan, tanam, panen" tambahnya.
 
 
Sementara itu, Imam Wiguna selaku narasumber mengatakan bahwa, pembuatan video melalui ponsel ini begitu penting kenapa? Yaa... karena semua orang sudah menggunakan ponsel dan alangkah baik dan bijaknya jika ponsel itu dapat digunakan untuk membuat konten-konten yang menarik di bidang pertanian sehingga penyebaran informasi akan cepat.
 
Video merupakan proses penyampaian pesan atau informasi dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan cara memvisualisasikan sekaligus memperdengarkan isi pesan atau informasi kepada penerima melalui media yang menunjangnya.
 
 
Dengan berbagai kecanggihannya, teknologi pembuatan video dapat dinikmati dengan berbagai cara dan berbagai format, salah satu teknologi video berbasis digital adalah pembuatan video melaui ponsel, dengan pertimbangan praktis, murah dan mudah, serta hampir setiap orang meiliki ponsel maka pembuatan video melalui ponsel menjadi pertimbangan untuk Kementerian pertanian dalam menyebarkan teknologi inovasi pertanian.
 
Salah satu konten yang banyak diminati oleh masyarakat adalah konten yang berbentuk audio visual yaitu bentuk video. Sehingga kemasan dalam pembuatan video harus dibuat semearik mungkin. Pembuatan video akan menjadi menarik jika dikemas dan teknik serta moment yang pas.
 
 
Workshop pembuatan video melalui ponsel ini bertujuan mengenalkan teknik videografi menggunakan ponsel. meningkatkan kemampuan peserta dalam penyusunan konsep dan skenario. Meningkatkan keterampilan peserta dalam pengambilan dan editing video.
 
Diharapkan sepulangnya pelatihan tersebut peserta dapat mempraktekkan teknik videografi dan dapat menerapkannya untuk penyebaran informasi di instansi masing-masing. (Wira)