BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Kendari, 28/10/2018. Upaya pemerintah dalam meningkatkan pertanian pangan dapat dilihat dari program yang dilakukan seperti Upaya Khusus (UPSUS) dalam peningkatan produksi pangan yang terfokus di tiga komoditas utama yaitu Padi, Jagung, Kedelai (Pajale), Pengelolaan Tanaman Terpadu atau PTT padi sawah bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman dari segi hasil dan kualitas melalui penerapan teknologi yang sesuai dengan spesifik lokasi serta program lainnya. Padi jagung dan kedelai merupakan komoditas strategis yang unik di Indonesia. 

Baca juga: Rapim peningkatan LTT, UPSUS DAN OPSIN 2018

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian sebagai penanggung jawab UPSUS Provinsi Sulawesi Tenggara terus melakukan pembinaan, pendampingan dan koordinasi dengan lembaga terkait di Prov Sulawesi Tenggara agar sasaran dan target UPSUS dapat tercapai dengan baik. Rapat koordinasi dilakukan setiap semester tahun berjalan, hal ini dilakukan untuk mengawal target capaian yang telah ditentukan sebelumnya. 

Baca juga: Singkronisasi Giat Upsus – Opa Sulawesi Tenggara

Target capaian untuk periode Oktober 2018-Maret 2019 untuk provinsi Sulawesi Utara mencapai 163.815 ha, jumlah ini meningkat dari periode sebelumnya sebesar 99.730,4 (meningkat sebesar 3%). Hal ini telah menjadi kesepakatan bersama antara BBP Mektan sebagai penanggung jawab UPSUS Nasional, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, BPS Provinsi dan Instansi terkait lainnya. 

Baca juga: Sosialisasi Mesin Tanam Jarwo Transplanter Mendukung Program Upaya Khusus (Upsus) Kementerian Pertanian

Rakor UPSUS Provinsi Sultra ini dihadiri oleh seluruh perwakilan dinas pertanian provinsi dan kabupaten se-sultra, BPS provinsi dan BBP Mektan sebagai penanggung jawab nasional. Diharapkan dengan pelaksaan kegiatan ini dapat memacu pertumbuhan pertanian di Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya dan Indonesia pada umumnya. (TS)