BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Serpong, 31/10/2018.  Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) menggelar Audit Ekternal ISO 9001:2015 dilaksanakan di ruang meeting BBP Mektan tanggal 31 Oktober – 1 Nopember 2018.

Pembukaan dipandu oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Suphendi, dilanjutkan sambutan dan arahan dari Kepala Balai Besar, Andi Nur Alam Syah.  Acara pembukaan dihadiri oleh Tim ISO 9001:2015 lingkup BBP Mektan, serta hadir 2 (dua) orang sebagai auditor eksternal dari lembaga sertifikasi independent Arka AH dan Setiawan. 

Baca juga: Tinjauan Manajemen Mutu Dalam Audit Internal ISO 9001/2015 di BBP Mektan

Kepala Balai Besar, Andi Nur Alam Syah, dalam arahannya  menyampaikan bahwa komitmen bersama serta kondisi bekerja di kantor BBP Mektan harus kondusif, dan hal-hal non teknis harus terus dibangun agar penerapan ISO benar-benar terwujud. Jangan sampai logo ISO hanya dianggap kewajiban dan dicantumkan pada kertas KOP saja, dan tidak berarti apa-apa. Mudah-mudahan kita dapat mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015, serta audit kali ini mendapatkan hasil sesuai yang kita harapkan bersama, tambahnya. 

Baca juga: BBP MEKTAN Menerima Sertifikat ISO 9001:2008

Seperti tahun sebelumnya, maka tujuan yang ingin dicapai dalam audit eksternal ini adalah untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu (SMM)  dalam organisasi BBP Mektan didokumentasikan, diimplementasikan dan dipelihara secara efektif dan memenuhi persyaratan standar audit, peraturan perundang-undangan dan dalam cakupan sertifikasi ISO 9001:2015. 

Baca juga: Pentingnya Memahami Konsep Dasar Dalam Penerapan Budaya Pelayanan Prima

Adapun cakupan area audit meliputi manajemen puncak, manajemen representative, Tata Usaha, Program dan Realisasi Rekayasa Mekanisasi Pertanian, Kalibrasi dan Workshop,  serta Diseminasi. Berdasarkan hasil audit yang dilaksanakan 2 hari tersebut auditor  menyatakan tidak terdapat temuan, namun ada beberapa saran untuk perbaikan ke depan. (SU)