BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Bogor, 14/8/2018. Agenda lain yang turut meramaikan launching Bogor Agro Science Techno Park  (BASTP) adalah : (a) Gelar Inovasi Teknologi Badan Litbang Pertanian; (b) Bimtek: Pembuatan Nutrisi Pengganti AB MIX Hidroponik; pengolahan Sampah Rumah Tangga; Pasca Panen Memperpanjang Masa Simpan Cabai dan pengolahan Cabai Giling dan Bubuk; pengenalan tanaman rempah dan obat serta teknologi pemanfaatannya; serta c) Jalan sehat dan senam bersama. 

Baca juga: Pemeliharaan dan Perawatan Traktor Roda Empat

Gelar Inovasi teknologi kali ini memberikan nuansa berbeda karena Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan)  menampilkan teknologi terbarunya yaitu autonomous tractor. Teknologi ini masih dalam proses penyempurnaan yang selanjutnya akan di launching pada bulan September 2018 di BBP Mektan, Serpong. 

Baca juga: Pengujian Dan Metoda Pengukuran Unjuk Kerja Traktor Roda Empat

Autonomus tractor dapat berfungsi untuk  mengolah tanah dengan menggunakan Traktor Roda  4 dengan system kemudi yang dapat dikendalikan secara otomatis. Traktor otonom ini dapat melakukan pengolahan lahan sesuai dengan peta perencanaan dengan akurasi 5-25 cm. Sistem navigasi yang digunakan GPS berbasis Real Time Kinematika (RTK). Sistem kontrol pada traktor terdiri atas pengendalian stir, gas, gear, rem dan kopling. Sedangkan untuk aplikasi pengolahan lahan digunakan pengendalian implemen dan PTO. (SU)