BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Dalam rangka memberikan layanan Informasi Publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Menteri Pertanian telah menetapkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 32/Permentan/OT.140/5/2011, dan telah disempurnakan menjadi Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 25/Permentan/HM.130/5/2016 tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di lingkungan Kementerian Pertanian.

Sesuai Peraturan Menteri Pertanian tersebut, pada pasal 7 ayat 2, maka Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Pelaksana dan PPID UPT ditetapkan oleh Keputusan dengan Keputusan Pimpinan Unit Kerja Eselon I masing-masing. 

PPID Pembantu Pelaksana Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian nomor : 310/Kpts/KP.3-0/V/12/2011,  yang telah diperbaharui menjadi nomor : 192.1/Kpts/OT.140/H/07/2018 tentang Penunjukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Pelaksana dan PPID Pelaksana UPT lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 

Sesuai Keputusan Kepala Badan tersebut maka ditetapkan bahwa Ketua PPID Pembantu Pelaksana BBP Mektan yang semula adalah Kepala Bidang Program dan Evaluasi  menjadi  Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Perekayasaan dan Pengujian.

Menindaklanjuti keputusan tersebut maka BBP Mektan selaku PPID Pembantu Pelaksana telah menerbitkan Keputusan Kepala Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian nomor : 117/Kpts/HM.130/H.9/01/2018 Tentang Penunjukan Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Pelaksana Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian.

Sekretariat PPID BBP Mektan

 

Fungsi Pejabat PPID Pembantu Pelaksana BBP Mektan adalah bertanggungjawab untuk melakukan penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi publik di lingkungan BBP Mektan.

 

 Tugas Pejabat PPID Pembantu Pelaksana BBP Mektan adalah :

  1. Menyiapkan bahan penyediaan, pelayanan informasi publik secara cepat, tepat, dan dan bertanggung jawab lingkup BBP Mektan;
  2. Menyimpan, mendokumentasikan, dan mengamankan bahan informasi secara tepat di lingkup BBP Mektan;
  3. Menyiapkan bahan saran/tanggapan atas permohonan, keberatan, dan/atau sengketa pelayanan informasi publik;
  4. Menyiapkan bahan klasifikasi informasi;
  5. Menyusun laporan (bulanan dan tahunan) secara berkala kepada PPID Pelaksana Eselon I Badan Litbang Pertanian dan tembusan kepada PPID Utama kementerian Pertanian;
  6. Menyusun organisasi dan Tata Kerja serta SOP Pelayanan PPID;
  7. Menjamin terselenggaranya pelayanan PPID secara operasional di lingkungan BBP Mektan.

 

Struktur Organisasi PPID Pembantu Pelaksana BBP Mektan

Organisasi PPID BBP Mektan