BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Sultra, 08/05/2018. Kementerian Pertanian dalam upaya percepatan pembangunan pertanian nasional melalui program Upaya Khusus (UPSUS) yang telah memasuki tahun ke-4 dan melalui kajian optimalisasi pemanfaatan alat dan mesin pertanian yang selama ini telah diberikan kepada petani di seluruh Indonesia melalui Dinas Pertanian di 32 Provinsi di Indonesia sampai saat ini telah memberikan hasil yang memuaskan dalam pelaksanaan kegiatannya. 

Baca juga : Sosialisasi Sistem Jajar Legowo Mendukung Program UPSUS oleh Menteri Pertanian

Monitoring dan evaluasi pemanfaatan alat mesin pertanian (Alsintan) yang pada tahun ini di titik beratkan pada pemanfaatan dan optimalisasi 6 jenis alsintan, yaitu: Traktor Roda 2, Traktor Roda 4, Combine Harvester Kecil, Sedang dan Besar, serta Pompa Air pada triwulan pertama pelaksanaannya dilakukan di 13 Provinsi di Indonesia. Pada perkembangannya giat Optimalisasi Pemanfaatan Alat dan Mesin Pertanian (OPA) 2018, berkembang ke seluruh provinsi se-Indonesia.

Baca juga : Pastikan Optimalisasi Bantuan Alsintan di Provinsi Banten melalui Monitoring dan Evaluasi

Kementerian Pertanian menunjuk Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian melalui SK Menteri Pertanian No. 302/Kpts/OT.050/4/20018, Tanggal 23 April 2018 untuk melaksanakan giat tersebut di 2 provinsi yakni Provinsi Banten dan Provinsi Sulawesi Tenggara (Wilayah Kerja UPSUS BBP Mektan). Kegiatan UPSUS yang tekah dilaksanakan selama ini di Provinsi Sulawesi Tenggara telah memberikan dampak yang positif untuk pembangunan pertanian nasional, semoga saja kegiatan OPA di provinsi ini dapat mengikuti jejak keberhasilan UPSUS di provinsi Sulawesi Utara dan giat OPA terdahulu di provinsi Banten. 

Baca juga : Sosialisasi Mesin Tanam Jarwo Transplanter Mendukung Program Upaya Khusus (Upsus) Kementerian Pertanian

Dalam arahanya Kepala BBP Mektan, Andi Nur Alam Syah dalam rapat koordinasi lanjutan UPSUS dan OPA di Kendari, menyatakan “UPSUS dan OPA harus dapat berjalan beriringan dan sejalan, terus berkoordinasi dan komunikasi agar tujuan UPSUS dan OPA disini dapat berjalan lancar dan sukses, jadikan kegiatan UPSUS dan OPA di provinsi ini menjadi tolak ukur provinsi lain di Indonesia”. Rapat Koordinasi lanjutan pelaksanaan UPSUS dan OPA ini dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara yang dihadiri oleh Dir. Perlintan Kementan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten se-Sultra dan BPTP Prov. Sultra. 

Baca juga : Upsus Peningkatan Produksi (PAJALE) Padi, Jagung Dan Kedelai Tahun 2015 Di Propinsi Sumatera Selatan

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan pertanian di Indonesia dan tentu saja semua ini akan bermuara pada pencapaian swasembada pangan nasional dan peningkatan kesejahteraan petani. (TS)