BBP Mektan BBP Mektan - Mekanisasi Pertanian

Sukamandi, 11/12/2017. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) pada penghujung tahun 2017 kembali melaunching teknologi terbaru alsin Jajar Legowo Riding Transplanter. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Seminar Nasional Padi 2017 di Balai Besar Penelitian Padi, Sukamandi, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Teknologi terbaru ini merupakan dukungan dalam wujud nyata terhadap pengembangan pertanian padi modern. Mesin tanam padi 6 baris jajar legowo ini memiliki kapasitas kerja 0,36 ha/jam (2,8 jam/ha), efisiensi kerja lapang 57%, kedalaman tanam antara 2 - 6 cm dan jumlah bibit 3 - 7 bibit/sekali tanam, jarak tanam dalam baris antara 13 sampai dengan 20 cm, dan lubang tanam kosong kurang dari 1%. Sedangkan keunggulan dari teknologi ini adalah mesin mudah dalam pengoperasiannya, serta kapasitas yang lebih besar, sehingga dapat dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan SDM pertanian di Indonesia.

Dalam sambutannya Kepala Badan Litbang Pertanian menyatakan bahwa Balitbangtan tidak berhenti menghasilkan inovasi untuk kesejahteraan rakyat, salah satunya adalah teknologi alsintan Jajar Legowo Riding Transplanter. Badan Litbang Pertanian juga tidak berdiri sendiri sehingga selalu membuka lebar-lebar kerjasama dengan berbagai pihak. Hasil inovasi yang dihasilkan bukanlah akhir dalam suatu kerjasama tetapi awal untuk sama-sama mewujudkan dan mengembangkan sinergisme inovasi-inovasi kedepan.

Pada kesempatan ini, BBP Mektan juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Rutan tentang Pengembangan Inovasi Teknologi Mekanisasi Pertanian, yang disaksikan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian. (SU)

 

Baca Juga :

  1. Prototipe Riding Transplanter Siap Dilaunching
  2. Panen Demarea Sistem Jajar Legowo Super
  3. Jajar Legowo Rice Transplanter, perawatan dan perbaikannya
  4. Pelatihan, Pengoperasian Jajar Legowo Rice Transplanter di Kabupaten Tangerang
  5. Pendampingan : APTEK Penanaman Padi Sawah Sistem Jajar Legowo 2:1 Menggunakan Mesin Tanam Jarwo Transplanter 2:1 di Kab. Sigi, Sulawesi Tengah
  6. Sosialisasi Sistem Jajar Legowo Mendukung Program UPSUS oleh Menteri Pertanian
  7. Disain Mesin Tanam Bibit Padi Tipe “Jajar Legowo” 4 Alur