Dr. Ir. Astu Unadi, M.Eng.

Dr. Ir. Astu Unadi, M.Eng.
PEREKAYASA
 
TENTANG SAYA
 

Astu Unadi menyelesaikan pendidikan SI dari Universitas Gadjah Mada, Fakultas Teknologi Pertanian Teknologi Pertanian, pada tahun 1981. Pendidikan S2 dari Asian Institute Technology (AIT), Fakultas Agricultural Machinary & Management, Jurusan Agriculture Machinery and Management, pada tahun 1990. Pendidikan S3 dari Universitas Of Melbourne, Fakultas Agricultural Engineering, Jurusan Engineering (Development Technologies) pada tahun 1999. 

Jenjang jabatan struktural sebelum menjadi pejabat fungsional adalah sebagai Kepala Balit Agroklimat & Hidrologi tahun 2007-2010, dan Kepala BBP Mektan tahun 2010-2016.

Astu Unadi adalah perekayasa utama bidang Mekanisasi Budidaya, Pasca Panen Pertanian dan Automatisasi dan saat ini bekerja pada Kelompok Perekayasa Mekanisasi Budidaya dan Pasca Panen Pertanian di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian.  Yang bersangkutan mencapai jennjang Perekayasa Utama pada tahun 2016, dan saat ini aktif dalam kegiatan sebagai Program Direktur dan beberapa penanggung jawab kegiatan perekayasaan. 

Sebagai perekayasa, yang bersangkutan telah menghasilkan beberapa teknologi yang telah dipatenkan antara lain, Mesin tanam dan pemupukan, Mesin penebar pakan ikan, Mesin pengupas buah multiguna, Mesin pengering lorong, Mesin pulper buah, Stasiun cuaca  automatis - telemetri (Automatic weather station telemetric) , Kalender Tanam, Mesin rota tanam dan Mesin panen multi komoditas dan beberapa karya tulis ilmiah yang dipublikasikan baik di Journal Nasional maupun Internasional. 

Astu Unadi menyelesaikan Sarjana Muda di Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Mekanisasi Pertanian tahun 1980,  S1 di Fakultas Teknologi Pertanian UGM Jurusan Mekanisasi tahun 1981, S2 di Asian Institute Technology Bangkok Jurusan Agricultural and Food Engineering tanun 1990, dan S3 di Melbourne University fakultas Civildan Environment Engineering tahun 2000. 

Training yang pernah diikuti meliputi: Training untuk Pelatih Pengelolaan air di tingkat usaha tani di Purwokerto tahun 1982, Training Warehouse Drying di Los Banos, tahun 1984, Traiing  Agricultural Mechanization di Suwon tahun 1986, Threshing and Drying di New Delhi tahun 1987. Diklat Pim III di PMPSDMP- Ciawi Bogor tahun 2001. 

Yang bersangkutan juga sebagai Delegasi Indonesia di COP Perubahan Iklim tahun 2006 sampai 2010, Delegasi Global Research Aliance on Agricultural Greenhouse Gases tahun 2008-2010, Vocal pont untuk Center for Sustainable Agricultural Mechanization, ESCAP

   
PENGHARGAAN
 

Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun

Satya Lencana Karya Satya 30 Tahun

Perekayasa  berprestasi di biadang rancang bangun tahun 2001

penghargaan sebagai penggerak/pemrakarsa/pelopor di bidang mekanisasi pertanian tahun 2016

   
PENDIDIKAN
  S3
   
KEAHLIAN
 

Teknologi Pertanian Dan Mekanisasi Pertanian

   

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

Jl. Sinarmas Boulevard, Pagedangan, Tangerang, Banten - 15338

 
(021) 75675918
bbpmektan@litbang.pertanian.go.id 
@mekanisasi
@mekanisasi_id
@mekanisasi_id
www.mekanisasi.litbang.pertanian.go.id
   

 

 

HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...