BBP Mektan Adakan Bimtek Tahap 2 di Provinsi Banten

BBP Mektan Adakan Bimtek Tahap 2 di Provinsi Banten

Tangerang, 24/3/2021. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) kembali melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengoperasian, Perawatan dan Troubleshooting Alsintan untuk mendukung kegiatan padat karya pada tanggal 24 Maret 2021 di desa Dandang, Kecamatan Cisauk, KabupatenTangerang, Provinsi Banten.

Pelaksanaan Bimtek ini merupakan salah satu cara dalam mewujudkan program Pemerintah untuk membantu masyarakat (petani) yang terdampak adanya virus covid-19, khususnya di wilayah yang dekat dengan kantor BBP Mektan.

Pelaksanaan Bimtek di desa Dandang merupakan kegiatan Bimtek tahap 2 setelah sebelumnya telah dilaksanakan pada tahap 1 yang berlokasi di BBP Mektan pada tanggal 9 Maret 2021. Materi tahap 2 ini tidak jauh berbeda dengan materi tahap 1 yaitu berisi materi tentang pengoperasian, perawatan dan troubleshooting mesin penanam padi jarwo transplanter serta cara pembibitan padi dengan sistem dapog.

Pada kesempatan ini,  bibit yang dipakai untuk praktek pengoperasian alsin penanam jarwo transplanter adalah bibit hasil pembibitan oleh peserta pada Bimtek yang pertama dengan menggunakan sistem dapok. Pada kesempatan ini juga turut diperkenalkan juga kepada peserta Bimtek tentang teknologi mesin tanam padi tipe riding.

Bimtek diawali dengan penjelasan singkat tentang teknologi alsin penanam padi jarwo transplanter dan cara pembibitan padi, dilanjutkan praktek secara langsung di lahan sawah milik Haeruddin, petani dari desa Dandang.

Penyampaian materi Bimtek dipandu secara langsung oleh Joko Pitoyo, Perekayasa Madya BBP Mektan, yang menjelaskan secara jelas mengenai komponen utama, perawatan dan pola pengoperasian mesin tanam padi Jarwo Transplanter, serta cara pembibitan padi.

Peserta bimtek ada sebanyak 80 peserta yang berasal dari petani dan operator alsintan dari 8 desa, yaitu desa Dandang, desa Cisauk Girang, desa Suradita, desa Panongan, desa Karang Tengah, desa Situgadung, desa Kadumangu dan desa Curug Wetan.

Pada acara pembukaan bimtek yang dihadiri oleh Prabowo Yosaphat, Pranata Humas Madya BBP Mektan, mewakili Kepala Balai Besar. Pada kesempatan ini Prabowo Yosaphat menyampaikan pesan Kepala Balai Besar bahwa “Kegiatan bimtek ini merupakan salah satu bagian tugas dan fungsi kami untuk mendorong para petani di Kabupaten Tangerang yang memiliki alat mesin pertanian atau para petani yang mendapat bantuan mesin alat pertanian dari pemerintah mampu mengoperasikan dan memperbaikinya dengan baik dan benar, sehingga alsin bantuan dapat dimanfaatkan lebih optimal di lapangan. Kepada peserta agar dapat mengikuti bimtek dengan seksama dan tetap semangat hingga sampai akhir karena kesempatan untuk dapat mengikuti acara Bimtek seperti ini sangat dibatasi pelaksanaannya dengan tujuan untuk mengurangi penyebaran virus covid-19”, tambahnya.

Pada acara pembukaan hadir pula Bapak Liswan, Koordinator Penyuluh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Caringin Kec. Legok, Kabupaten Tangerang, yang sengaja BBP Mektan untuk turut memberikan dukungan dalam kegiatan bimtek ini.

Dalam pelaksanaan Bimtek ini BBP Mektan tetap menerapkan protokolol kesehatan dimana setiap peserta bimtek dibagikan hand sanitizer dan peserta diwajibkan tetap menjaga jarak dan selalu mengenakan masker serta kegiatan dilakukan di ruangan terbuka (sawah). (PY)

HIGHLIGHT

Portal PPID BBP Mektan

Informasi Publik

mail Litbang

Zona Integritas

Lelang Pengadaan

POLLING

Darimanakah Anda Mengetahui BBP Mektan ?

F A Q

Q : Apa yang dimaksud dengan Mekanisasi Pertanian?

Q : Mengapa harus menggunakan Mekanisasi Pertanian, Apa tujuannya?

Q : Apa saja Jenis Pengujiannya?

Q : Bagaimana prosedur dan persyaratan pengujian alat dan mesin pertanian

 Selengkapnya...